Pantai Banyutowo Dukuhseti Pati Pantas Jadi Ikon Wisata Jateng

0
419


Siapa yang belum pernah berkunjung ke Pantai Banyutowo di Kabupaten Pati? Meskipun terletak di bagian utara Kabupaten Pati, namun sebenarnya Pantai Banyutowo Dukuhseti Pati pantas jadi ikon wisata Jateng. Pantai ini dulu memang hanya dijadikan tempat berlabuh kapal-kapal nelayan warga setempat, namun belakangan ini banyak wisatawan membidik pantai tersebut untuk dijadikan sebagai ikon wisata di Jawa Tengah.
Lokasi Pantai Banyutowo adalah di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati yang juga menjadi tempat masa kecil Soimah Poncowati, sang artis dan pelawak kondang saat ini. Dari arah Pati Kota, Anda bisa naik bus dan berhenti di Terminal Tayu atau Alun-alun Tayu. Kemudian, naik angkutan kecil yang menuju jurusan Puncel, ketika sampai di Desa Dukuhseti atau Koplakan Jaran, Anda berhenti dan naik dokar menuju arah Pantai Banyutowo.
Pesona Pantai Banyutowo
Di sana, selain bisa menikmati wisata laut tersebut, Anda juga bisa belajar dengan para nelayan dan juga home industri warga Banyutowo yang mengolah ikan. Selain masuk ke lokasi pantai gratis, di sana Anda juga bisa naik kapal para nelayan. Namun, kondisi pantai ini sebenarnya membutuhkan perhatian pemerintah, mulai dari kondisi SPBU dan juga jembatan pantai. Jika benar-benar dirawat serius, maka sebenarnya pantai ini mampu menyedot wisatawan dari berbagai daerah.

Apalagi, Pantai Banyutowo ini dulu juga belum terlalu dikenal orang. Maka tak heran, jika saat ini banyak wisatawan dari Rembang, wisatawan dari Jepara, wisatawan dari Kudus, wisatawan dari Grobogan, wisatawan dari Blora, wisatawan dari Semarang berkunjung dan menikmati indahnya Pantai Banyutowo tersebut.
Setidaknya, Kabupaten Pati memiliki salah satu wisata pantai berbasis alam dan masih perawan seperti Pantai Banyutowo. Tak mau kalah dengan wisata Rembang, wisata Kudus, wisata Blora, wisata Grobogan dan wisata Demak serta wisata Semarang, pantai di Desa Banyutowo ini menjadi salah satu khazanah wisata di Kabupaten Pati.
Apalagi, di sana tidak dipungut biaya serupiah pun. Anda jika ke sana hanya cukup masuk tanpa ada penjaga pantai, karena di sekitar pantai juga banyak para nelayan beraktivitas sehari-hari untuk mencari ikan, udang dan juga kepiting atau rajungan. (Baca juga: Nasi Gandul Khas Pati Jadi Keajaiban Dunia, Waw).
Ikon Wisata Jateng
Wilayah Jawa Tengah yang sebagian besar adalah laut, menjadikan Pantai Banyutowo sebagai salah satu ikon wisata laut atau pantai di Jawa Tengah. Apalagi, selama ini banyak nelayan dari luar daerah berhijrah ke Banyutowo untuk menjadi nelayan dan menangkap ikan di sana. Artinya, potensi mengampanyekan wisata ini sangat mudah karena sudah banyak orang yang kenal nama Banyutowo.
Ditambah lagi, nama Soimah Pancawati yang lahir dan berasal dari Desa Banyutowo juga turut membesarkan nama Pantai Banyutowo sebagai ikon wisata di Jateng. Semua itu, harus didukung pemerintah agar kekayaan wisata di Kabupaten Pati menjadi potensi ekonomi dan mampu mendongkrak wisata luar semakin mengenal Kabupaten Pati.
Pantai Banyutowo, tak kalah dengan indahnya Pantai Bandengan, Pantai Kartini, dan wisata-wisata lain yang ada di eks Karesidenan Pati atau umumnya wisata pantai di Jateng. Jadi, wisata Pantai Banyutowo ini harus didukung penuh untuk menjadi ikon wisata di Kabupaten Pati dan kemudian akan menjadi salah satu wisata andalan di Jawa Tengah.
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Hakim).

Tinggalkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here