Cara Masuk E-Kin e-kin.semarangkota.go.id

1
3056

Cara Masuk E-Kin e-kin.semarangkota.go.id sebenarnya harus diketahui oleh semua Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Semarang, Jawa Tengah.

E-Kin atau Elektrik Kinerja adalah
salah satu aplikasi yang dibuat oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang yang diperuntukkan PNS atau ASN di Kota Semarang, terutama bagi guru TK Negeri di Kota Semarang, SD Negeri di Kota Semarang, SMP Negeri di Kota Semarang, SMA Negeri di Kota Semarang dan SMK Negeri di Kota Semarang.

Pelajari Juga: Pengertian E-Kin Kota Semarang bagi PNS/ASN.

Bagi PNS/ASN Kota Semarang wajib mengetahui cara masuk atau login E-Kin Kota Semarang. Berikut langkah-langkah masuk atau login E-Kin Kota Semarang sesuai dengan Petunjuk Penggunaan Aplikasi E-Kinerja untuk User bagi PNS/ASN Kota Semarang;

Pertama, ketik E-Kin Kota Semarang atau langsung ketik e-kin.semarangkota.go.id.

Kedua, setelah muncul menu login, masukkan username, yaitu isi dengan Nomor Induk Pegawai atau NIP masing-masing PNS/ASN. Untuk paswod, adalah delapan digit NIP pertama. Untuk keamanan, Anda perlu mengganti pasword dengan cara klik Tambah Data.

Ketiga, ketika sudah masuk, Anda akan melihat tujuh submenu yang ada samping kiri, yaitu meliput sub menu Dashboard, kemudian Input Pimpinan, juga Progress Pekerjaan, dan Sasaran Pegawai, Kegiatan Harian, Laporan, dan Unduh Panduan.

Lebih detailnya, silahkan download Panduan E-kin Kota Semarang pada menu Unduh Panduan.
Keempat, jika sudah mengeklik Tambah Data, kemudian Anda harus memasukkan NIP Pimpinan Anda, kemudian Cari Pegawai. Kalau sudah tepat dan benar, lanjutkan dengan klik Simpan.

Kelima, untuk menu Dashboard, ada menu yang menampilkan data Pejabat Penilai dan Pegawai Negeri Sipil yang dinilai. Maksudnya, untuk Pejabat Penilai adalah pimpinan Anda, sedangkan PNS yang dinilai adalah Anda. Jika Anda guru SD, maka Pejabat Penilai adalah Kepala Sekolah Anda dan Anda adalah guru/PNS yang dinilai.

Keenam, Menu Input Pimpinan digunakan untuk Edit data pimpinan. Data pimpinan yang sudah berhasil  dicari dan disimpan tetapi ada kesalahan dapat dilakukan perbaikan dari menu Input Pimpinan kemudian pilih menu Edit atau Hapus, lalu ulangi lagi proses Tambah Data.

Ketujuh, Penilaian Staff. Menu Penilaian Staff ini digunakan untuk menilai kegiatan yang dilakukan oleh staff bawahannya.  Jenis  penilaiann  ada  2  yaitu Penilaian  Sasaran  Kerja  Pegawai  dan Penilaian  Kegiatan  Harian,  yang masing-masing terbagi lagi. Dari  menu Penilaian Staff terdapat daftar Staff  yang  berada  dibawah  koordinasi  kerja.  Untuk  memulai Penilaian  Staff dapat  memilih  menu Lihat Detail.

Kedelapan, Pada  menu  Penilaian  Staff  yang  telah  dipilih  terdapat  2  menu  yang  akan  dilakukan  penilaian  yaitu  penilaian  untuk Sasaran  Kerja  Pegawai dan  penilaian  untuk Kegiatan  Harian.  Untuk melakukan proses penilaian dapat dipilih menu Lihat Detail.

Kesembilan, Penilaian Staff untuk Sasaran Kerja Pegawai terdiri dari Tugas dan Fungsi dan Rencana Kerja Tahunan. Untuk memberikan penilaian dapat dipilih menu Catatan & Status Revisi.

Kesepuluh, Tampilan  dari  menu  Catatan  &  Status  Revisi  seperti  terlihat  pada  gambar  diatas.  Status Revisi hanya ada pilihan A, B, C yang berarti bahwa status C masih perlu penyempurnaan laporan yang cukup banyak, status B masih perlu koreksi atau penyempurnaan, sedangkan status A marupakan  sudah  final.  Kemudian  kolom catatan dipakai  untuk  memberikan  catatan  mengenai  kegiatan  yang  dinilai.  Tombol Simpan digunakan  untuk  melakukan  penyimpanan  input  data  atau  pun perubahan data.

Kesebelas, Menu Sasaran Pegawai. Dalam menu ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat tahun  kegiatan  dengan  memilih  menu Tambah  Tahun.  Kegiatan  tahunan  yang  telah  terbentuk  juga  dapat dilihat di menu Tampilkan Tahun. Hati-hati bila memilih perintah Hapus Tahun karena akan menghapus semua kegiatan pada tahun tersebut.

Keduabelas, untuk  mengisi kegiatan  Sasaran  Kerja  Pegawai  dapat  dipilih  menu Tugas  dan  Fungsi atau Rencana Kerja Tahunan.

Ketigabelas, Pada menu Input Data Sasaran Kerja Pegawai terdapat isian Bulan, Uraian (diisi dengan uraian  kegiatan), Kuantitas Output (diisi dengan jenis kualitas contah : 12 Dokumen), Kualitas Mutu (capaian sasaran dengan rentang 1 s/d 100),Waktu, Biaya dan kemudian Simpan.

Keempatbelas, Menu Kegiatan Harian. Untuk menu Kegiatan  Harian ini, langkah  pertama  yang  harus  dilakukan  adalah  membuat bulan kegiatan dengan memilih menu Tambah Bulan. Kegiatan harian yang telah terbentuk juga dapat dilihat  di  menu Tampilkan Bulan.  Hati-hati  bila  memilih  perintah Hapus Bulan karena  akan menghapus semua kegiatan pada bulan tersebut.

Untuk  mengisi Kegiatan Harian dapat  dipilih  menu Tugas  dan  Fungsi atau Rencana  Kerja  Tahunan atau Tambahan dan Lain-lain.

Pada  menu  Input  Data Kegiatan  Harian terdapat  isian Tanggal, Uraian (diisi  dengan  uraian  kegiatan), Kuantitas  Output (diisi  dengan  jenis  kualitas  contah  : 12  Dokumen, Waktu dan kemudian Simpan.

Pada menu Input Data Kegiatan Harian untuk pengisian uraian ada 2 cara

Cara pertama :
Dengan  memilih  menu  dropdown  yang  ada  dibawah  menu  uraian  kemudian  bisa  ditambah dengan keterangan berupa detail uraian.

Cara kedua :
Dengan memilih uraian pada status isi manual maka isian selanjutnya dapat diisi secara manual.
Kelimabelas, Menu Laporan. Pada menu laporan  ada  2  jenis  laporan  yang  dihasilkan  yaitu  laporan  kegiatam Sasaran  Kerja Pegawai dan laporan  Kegiatan  Harian.  Laporan  kegiatan  Sasaran  Kerja Pegawai akan  tersedia apabila  semua  rencana  kegiatan  kerja  pada  tahun  tersebut  sudah  mendapat persetujuan dari  pimpinan  dalam  hal  ini  statusnya  sudah  A  semua. Sedangkan untuk  laporan Kegiatan Harian yang bisa dicetak hanya kegiatan yang sudah mendapatkan persetujuan oleh pimpinan dalam hal ini hanya  yang statusnya A saja. Pada tampilan laporan baik itu laporan Sasaran Kerja Pegawai maupun  laporan  Kegiatan  Harian  untuk  menentukan  tanggal  cetak  bisa  dimasukkan melalui menu Action.

Keenambelas, Ubah Password. Untuk melakukan perubahan password terdapat pada posisi pojok kanan atas di menu Ubah Password.

Demikian cara masuk/login E-Kin e-kin.semarangkota.go.id sesuai dengan Petunjuk Penggunaan Aplikasi E-Kinerja untuk User yang sudah ada di dalam laman e-kin.semarangkota.go.id. Semoga bermanfaat dan jadilah PNS/ASN yang rajin dan tertib administrasi.

(Laporan E-kin Harian Jateng/Foto: E-kin Kota Semarang).

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here