Berwisata di Kampung Suku Samin Surosentiko Blora Yuk!

2
640
Pendopo Sedulur Sikep Karangpace yang jadi pusat Suku Samin Blora

Blora, Harian Jateng – Bagi Anda yang hanya pernah mendenger nama Samin Surosentiko, tak patut dan kurang afdhol jika belum berwisata di Kampung Suku Samin Surosentiko Blora, Jawa Tengah. Meskipun di Kabupaten Blora banyak sekali daftar wisata alam, wisata murah Blora, akan tetapi jangan lupa, kunjungi Kampung Samin Surosentiko Blora yang kaya akan ajaran, filosofi dan nilai-nilai luhur tentang kehidupan, tentang alam, Tuhan, manusia dan bahkan tentang cara berpolitik.

Baca juga: Ini Rute Menuju Kampung Samin Surosentiko Blora.

Sekilas, selama ini banyak sekali orang mencari informasi seputar ajaran Samin, sejarah Samin, nama asli Samin Surosentiko, kehidupan masyarakat Samin Blora dan lain sebagainya. Bahkan, saking uniknya, masyarakat juga sudah menjadi objek penelitian.

Banyak sekali skripsi yang mengkaji tentang Samin bahkan sampai tesis tentang Samin dan buku Samin serta disertasi tentang ajaran Samin Blora. Tidak heran pula, Samin Seduler Sikep, ajaran Samin Surosentiko dan Samin Wikipedia juga banyak dicari orang.

Berikut foto-foto Kampung Suku Samin Blora;

Mbah Lasio (kiri) keturunan asli Samin
Keturunan Samin yang sudah mulai mengenal modernisme
Keterbukaan masyarakat Samin dengan orang luar
Pintu masuk menuju Kampung Suku Samin Blora



Wisata Kampung Samin Surosentiko
Wisata di Kampung Samin Surosentiko Blora memang unik. Sebab, Blora yang dikenal sebagai bumi Samin Surosentiko memang sudah tak asing dengan sebutan Kota Samin Surosentiko dan ajarannya. Di Blora, menjadi pusat kajian sejarah Samin yang kemudian menyebar di suku Samin di Bojonegoro, Samin Pati, dan lain sebagainya.

Samin Surosentiko memang lahir di Blora pada  tahun 1859 dan meninggal di Padang1914. Nama asli Samin adalah Raden Kohar, adalah pelopor Ajaran Samin (Saminisme).

Akan tetapi, selama ini banyak sekali orang salah kaprah merujuk literatur tentang Samin. Sebab, mereka hanya mencari di internet yang rujukannya tidak jelas dan hanya copy paste. Jika Anda ingin benar-benar tahu tentang Samin, maka datang lah ke Kampung Samin di Karangpace, Klopoduwur, Randublatung, Blora tersebut.

Anda bisa berdiskusi dengan keturunan Samin, yaitu Mbah Lasio, keturunan asli dari Samin. Nama Samin sendiri, sebenarnya ada tiga bersaudara, bukan hanya Samin Surosentiko. Ketiga nama itu, menurut Mbah Lasio, adalah Suro Samin, Suro Sumanto dan Suro Sentiko. Akan tetapi, yang paling berani melawan Belanda dengan tindakan tegas dan perlawanan adalah Suro Sentiko, karena dia melawan, maka ia diasingkan dan dibuang di Padang.

Berbeda dengan Suro Sumanto dan Suro Samin, mereka saat itu melawan penjajah Belanda hanya dengan pembangkangan. Maka nama mereka tidak terdengar oleh sejarah dan yang lebih terkenal justru Suro Samin.

Menarik bukan sejarahnya? Ya, kalau menarik, silahkan langsung saja datang ke lokasi Wisata Kampung Samin Surosentiko yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah tersebut.

Saat ke Blora, jangan lupa beli oleh-oleh kuliner khas Blora. (Baca juga: Ungker, Ulat Jadi yang Jadi Kuliner Ekstrem Blora). Jangan lupa juga mampir dan menginap di hotel-hotel murah Blora yang sangat terjangkau jika Anda berwisata di Blora. (Baca juga: Ini Daftar Hotel Murah Blora).

Jika sudah tertarik ke Wisata Kampung Samin Blora, silahkan ke sana dan nikmati segala ajaran dan pesan moral Samin Surosentiko yang sangat adiluhung. (Red-HJ44/Foto: Harian Jateng).

Tinggalkan Komentar

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here