Pesona Wisata Puncak Punggung Sapi Magelang

0
154

Wisata Puncak Punggung Sapi merupakan sebutan dari Puncak Andong yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Wisata Puncak Punggung Sapi ini adalah daftar wisata di Magelang, Jateng.

Disebut sebagai Puncak Punggung Sapi karena bentuk pegununganya yang naik turun mirip dengan bentuk punggung sapi. Seperti itulah menurut masyarakat sekitar dan para juga pendaki.

Puncak Punggung Sapi atau puncak Andong ini terletak di kabupaten Magelang. Lebih tepatnya lagi yaitu di dusun Sawit, desa Girirejo, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang. Puncak andong ini sangat cocok bagi para pendaki pemula. Karena puncaknya yang tidak terlalu tinggi dan juga jalur pendakian yang mudah.

Foto-foto Puncak Punggung Sapi




Puncak andong ini mempunyai ketinggian 1726 MDPL dimana diatasnya memiiki empat puncak. Puncak pertama disebut sebagai puncak makna, sedangkan puncak kedua disebut sebagai puncak Jiwa. Dipuncak kedua inilah terdapat hamparan tanah yang luas dan paling banyak digunakan untuk camping ground.

Untuk puncak tertinggi disebut sebagai puncak andong, dipuncak ini tanahnya sedikit lebih sempit namun paling banyak diminati oleh para pendaki. Dan yang terakhir adalah puncak alap-alap yang tingginya hampir sama dengan puncak jiwa. Di puncak alap-alap inilah tempat paling bagus untuk melihat sunrice.

Selain itu, puncak andong dan puncak alap-alap ini dihubungkan hanya dengan sebuah jalan setapak. Dimana disamping kanan-kirinya merupakan jurang yang sangat tinggi. Jalur inilah yang disebut para pendaki sebagai jembatan setan, tempat yang paling bagus untuk berfoto. Dan bagi anda yang suka berfoto, puncak andong ini menyediakan sekali lokasi yang sangat bagus. Sebagian besar berada di jalur pendakian.

Lokasi Wisata Puncak Punggung Sapi Magelang
Untuk dapat menikmati pemandangan puncak andong ini cukup mudah. Para pendaki cukup berjalan kaki kurang lebih sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan. Dari parkiran, pendaki akan langsung disuguhi dengan pemandangan hutan pinus. Setelah itu pendaki akan melewati daerah bebatuan yang disebut Watu Poncong. Barulah setelah itu pendaki akan sampai di Pos I.

Dari Pos I pendaki akan melewati daerah bebatuan lagi yang disebut Watu Gambir. Setelah itu akan terdapat mata air dan akan sampai di Pos II. Pos II ini juga masih di daerah bebatuan, yang disebut Watu Wayang. Disinilah salah satu tempat bagus untuk berfoto. Setelah itu pendaki akan sampai dipertigaan, arah kanan menuju puncak Makna dan arah kiri menuju puncak Jiwa, puncak Andong, dan puncak Alap-alap.

Bagi anda yang suka mendaki namun belum begitu berpengalaman (pendaki pemula), puncan andong ini sangat patut untuk anda coba. Selain dapat menikmati pemandangan dan udara segar dari atas puncak, anda juga dapat sekalian berfoto dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Puncak Punggung Sapi 
Soal biaya anda tidak perlu kawatir, karena untuk dapat menikmati puncak andong ini para pendaki hanya dipungut biaya sebesar Rp 4.000 rupiah untuk tiket per orang dan Rp 2.000 rupiah untuk parkir motor. Sangat murah bukan?

Selain itu, di area basecamp juga menyediakan keperluan para pendaki. Disana juga banyak menyediakan makanan dan minuman. Selain itu disana para pendaki juga dapat membeli oleh-oleh kenangan berupa stiker, gantungan kunci, dan kaos.  (Red-HJ33/Foto: Ainur Rofiqul Aziz).

Tinggalkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here