Haul Mbah Mutamakkin, Kajen Jadi Wisata Religi di Pati

0
493
Suasana Makam KH Ahmad Mutamakkin Kajen, Sabu (14/10).

Pati, Harian Jateng – Sampai Sabtu malam (24/10/2015), suasana makam KH Ahmad Mutamakkin Kajen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah masih ramai dari peziarah dari berbagai daerah.

Tak hanya dari Kabupaten Pati, akan tetapi pengunjung juga datang dari Rembang, Jepara, Demak, Kudus, Blora, Grobogan bahkan dari luar Jawa Tengah.

Seperti diketahui, bulan Suro atau Muharram adalah momentum  Haul Mbah Mutamakkin Kajen, Pati yang menjadi wisata religi di Pati. Tepat pada 10 Muharram 1437 Hijriyah kemarin, menjadi puncak perayaan haul Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen.

Ratusan bahkan ribuan pengjung berbondong-bondong menuju makam waliyullah tersebut.

“Saya hampir tiap malam Jumat ziarah ke sini, kebetulan ini waktu Suronan, jadi meskipun malam Minggu tetap ramai,” ujar Baihaqi, warga Dukuhseti, Pati, saat berkunjung ke makam KH Ahmad Mutamakkin Kajen Pati, Sabtu malam (24/10/2015).

Menurutnya, kewalian Mbah Mutamakkin Kajen sudah dikenal banyak orang yang tak kalah hebat dengan Saridin atau Syekh Jangkung Kayen, Pati.

Dari pantuan Harian Jateng, masih banyak beberapa pedagang di sekitar makam, mulai dari pedagang baju, makanan, minyak wangi, dan lain sebagainya.

Mereka mendapat berkah dari para peziarah, karena tiap bulan Suro, suasana Kajen seperti pasar malam yang ramai dengan para pedagang dari berbagai daerah.  (Red-HJ44/Foto: Harian Jateng).

Tinggalkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here