Ratusan “Haji Kecil” KB al-Azhar Lakukan Simulasi

2
105

Kudus, Harianjateng.com – Sekitar 200 peserta didik PAUD Al-Azhar Jekulo Kudus, Jawa Tengah menggelar “haji kecil” melalui manasik haji. Mereka diberi wawasan mengenai manasik haji. Kegiatan ini di laksanakan di halaman PAUD Al-Azhar, Jalan pantisari gang Al-azhar no.1 jekulo kudus, yang dibagi menjadi dua gelombang hari Jum’at dan Sabtu (tanggal 23-24/09/2016).

Dalam kegiatan ini tempat di setting sesuai sarat dan rukun haji antara lain miniatur ka’bah untuk thawaf, tempat melempar jumrah, sa’i,dan lain sebagainya. Tenda-tenda juga didirikan untuk menunjukkan tempat-tempat tertentu seperti di arafah dan mabit di mina.

“Ini di setting sebagaimana syarat dan rukun haji yang berlaku sehingga peserta didik bisa memahami secara utuh tentang manasik haji,” terang Siti Masruhah.

Ketua panitia manasik haji ini menambahkan, agar lebih mudah dalam proses pembelajaran manasik haji ini, peserta didik dibagi menjadi beberapa Kelompok Terbang (Kloter) dan untuk memudahkan didampingi oleh guru pendamping.

Selama proses manasik peserta didikpun nampak antusias dan gembira. Terbukti peserta didik bertanya kepada guru pedamping jika mereka belum memahami.

“Tujuan manasik ini memang agar peserta didk itu mudah dan cepat mencerna materi manasik haji dengan praktik langsung. Terlebih, ada proses interaksi dan bertanya oleh peserta didik kepada guru pendamping jika mereka tidak memahami,” lanjutnya.

Keisha,salah satu peserta didik mengaku senang mengikuti kegiatan manasik haji ini. ”asyik, saya jadi lebih tau tentang manasik dari bu guru. Tadi saya juga bertanya, kenapa tadi harus melempar kerikil saat manasik,” ujar Keish. (Red-HJ99/Hms).

Tinggalkan Komentar

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here