Situs Baru di Pemalang Ini Masih Ditelusuri Kebenarannya

0
332

Pemalang, Harianjateng.com- Moga. Situs adalah daerah temuan benda – benda purbakala. Di dukuh Cempaka Wulung Desa Banyumudal kecamatan Moga kabupaten Pemalang tepatnya di Candi Cempaka Wulung terdapat satu lokasi yang diduga merupakan suatu situs.

Di lokasi tersebut terdapat beberapa benda yang terbuat dari batu dan tersusun seperti membentuk suatu pola tertentu serta bentuknya tidak lazim digunakan pada masa sekarang ini dan nampak jelas terlihat sudah berumur tua. Masih di lokasi yang sama terdapat gundukan batu – batu dengan ukuran lebih kurang 6×10 meter dan juga terdapat 2 kuburan tua dimana warga tidak mengetahui siapa sosok yang dimakamkan di tempat tersebut.

Selasa(14/03/17) didampingi beberapa warga Cempaka Wulung, Kapolsek Moga Polres Pemalang Polda Jateng AKP Amin Mezi Syafiudin, S.H. meninjau lokasi yang diduga situs tersebut. Menurut sesepuh dukuh Cempaka Wulung yang juga purnawirawan Polri bapak Jumadi, dahulu lokasi tersebut masih nampak jelas bentuknya yakni gundukan batu-batu yang biasa disebut dengan “Punden Berundak”. Sempat diterjang angin puting beliung yang menumbangkan pohon – pohon di lokasi tersebut ditambah rumput dan semak – semak yang menutup mengakibatkan rusaknya bentuk gundukan batu – batu. Setelah mengamati dengan seksama Kapolsek Moga menyarankan kepada Kades Banyumudal untuk menggali sejarah lokasi tersebut.

“Barangkali bisa menghubungi dinas terkait yang menangani peninggalan-peninggalan purba sehingga dapat membantu mengungkap sejarah dari lokasi ini” saran Kapolsek Moga. (Red-HJ99/Joko L).

Tinggalkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here