Angkat Media Kartu Pankur, Guru SD Asal Wonosobo Ini Jadi Juara

Angkat Media Kartu Pankur, Guru SD Asal Wonosobo Ini Jadi Juara

107
0
BERBAGI
Danang Ari Wibowo guru SDN Igirmranak, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Jakarta, Harianjateng.com – Tiap guru memiliki potensi untuk mengembangkan bahan ajar, media, metode dan juga termasuk poster. Salah satunya adalah Danang Ari Wibowo guru SDN Igirmranak, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang telah berhasil menyabet Juara 2 Penyaji Poster dalam rangkaian Seminar Nasional Kesharlindung Dikdas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI yang berlangsung pada 7-10 November 2017.

Dalam kesempatan itu, Danang, mengambil judul poster menarik. “Judul poster saya adalah ‘Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Media Kartu Pankur (Pandawa & Kurawa) di SD Igirmranak,” kaya dia kepada Harianjateng.com, Minggu (12/11/2017).

Menurut guru kelas 6 SD ini, ide dari poster tersebut berawal dari hasil belajar yang rendah pada operasi hitung penjumlahan bilangan bulat. “Kemudian ketika istirahat melihat anak didik suka bermain kartu mainan,” lanjut dia.

Dari hasil yang ditemukan, menurut dia, ada dampak signifikan terhadap pembelajaran matematika.

“Efek hasil belajar meningkat dan permasalahan perilaku siswa di kelas berkurang,” beber dia.

Selain Danang, untuk Juara 1 Penyaji Poster disabet guru dari Bima dan untuk Juara 3 adalah guru SMP dari Bogor. (HJ99/dul).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY