Bupati Kendal Buka Porseni Besar Muhammadiyah ke IV

Bupati Kendal Buka Porseni Besar Muhammadiyah ke IV

32
0
BERBAGI

Kendal, Harianjateng.com- Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal kembali menggelar Porseni yang ke IV tahun 2017, Selasa (14/11/2017) bertempat di Lapangan Sambungsari Weleri Kedal, Jawa Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, Camat Weleri dan Lurah se Kecamatan Weleri dan SMP, SMK Muhammadiyah se Kabupaten Kendal.
Dalam kesempatan itu Bupati Kendal dr. Mirna Annisa didampingi Ketua Muhammadiyah Daerah Kendal H. Muslim memotong ikatan puluhan balon yang bertulisan Porseni Besar Muhammadiyah di Buka, sebagai tanda dibukanya kegiatan itu.

Ketua Porseni Muhammadiyah Kendal Agus Martono menyampaikan, “memahami gerakan dakwah Muhammadiyah haruslah komperhensif yang mampu memanfaatkan sarana yang ada untuk diwarnai nilai-nilai makruf fil Islam sebagi ikhtiar kolektif dalam mewujudkan islam yang berkemajuan.”

Lanjut Agus Martono, media dakwah Muhammadiyah sangatlah luas, selain melalui majelis atau lembaga yang sudah ada, diharap diluar itu bisa digarap dan digerakan secara profesional dengan metode strategi yang tepat, wawasan keilmuan yang memadai sehingga dakwah dilingkungan Muhammadiyah terasa berkualitas tidak menakutkan dan harus menggembirakan.

Agus Martono juga menambahkan, “olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang tidak hanya sebatas olahraga jasmani tetapi juga secara rohani. Sedangkan seni adalah proses dari mansia yang kreatif untuk melahitkan sebuah keindahan. Memahami hal itu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal memandang perlu menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) sebagai wujud komitmen menghargai prestasi dan kreatifitas seseorang yang menghasilkan keindahan.”

“tujuan diadakannya Porseni ini, yaitu menumbuhkembangkan bakat dan minat di bidang olahraga dan seni melalui pertandingan dan penampilan yang sportif dengan warna islami, sehingga diperoleh prestasi yang menggembirakan. Kedua untuk mempererat tali silaturahim keluarga besar Muhammadiyah dalam masyarakat luas, dalam rangka menciptakan islam yang rahmatan lil alamin. Dan yang terakhir yaitu melahirkan atlet-atlet berbakat dan para seniman yang mampu membawa nama baik Muhammadiyah untuk di orbitkan dijenjang event yang lebih tinggi,” ujar Agus Martono.

Selain itu Agus Martono juga menjelaskan. “Porseni yang diperlombakan dalam kegiatan ini ada 10 bidang olahraga dan 14 bidang seni. Kegiatan ini diikuti oleh 1200 Atlet dari Pimpinan DPC Muhammadiyah se Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kendal H. Muslim mengatakan, bahwa Porseni Muhammadiyah yang IV 2017 ini untuk menjalin Ukhuwah antara pemerintah dengan ulama, umaro dan masyarakat, serta membangun kebersamaan lewat olahraga. “Karena olahraga bisa mencairkan suasana (biso ngudari benang seng ruwet) apalagi ditambah seni, ada pidato bahasa inggris, Pidato Bahasa jawa dan Pidato Bahasa Arab, hal ini dapat mendi contoh yang baik buat masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Kendal usai mebuka acara juga mengatakan, “harapannya kedepan generasi muda Muhammadiyah Kendal menjadi generasi yang lebih baik dan keren.”

Dalam pelaksanaan Porseni Muhammadiyah besar IV tahun 2017, panitia menyediakan tim kesehatan lapangan di tempat kegiatan, tempat pertandingan dan P3K guna pertolongan pertama. Apabila diperlukan tindakan di luar P3K menjadi tanggung jawab tiap masing-masing kontingen.

Bidang olahraga yang di perlombakan, yaitu Bola Voli, Futsal, Bulu Tangkis, Catur, Tenis Lapangan, TSPM, Lari Jauh, Tenis Meja, Bola Basket dan Sepak Bola. Sedangka bidang seni, diantaranya yaitu MTQ Tilawah, MTQ Tartil, Tahfidz, Adzan, Baca Puisi Religius, Khutbah, Pidato Bahasa Jawa, Pidato Bahasa inggris, Pidato Bahasa Arab, CCA, Paduan Suara, Kali Grafi, Mewarnai Gambar dan Drum Band.

Red-HJ99/Heri

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY