RPX Adaptif di Era VUCA dan Disruptif RPX Adaptif di Era VUCA dan Disruptif

0
60

Jakarta Selatan, Harianjateng.com- RPX, perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan logistik terpadu (One Stop Logistics) melalui strategi marketing dan terobosannya mendapatkan pengakuan dalam nominasi ‘Industry Marketing Champion 2017’ pada sektor logistik di ajang bergengsi ‘Marketeer of The Year 2017 (MOTY)’. Terdapat lima kualifikasi penentuan MOTY, yaitu spirit dan orientasi pemasaran, performa pertumbuhan pasar, finansial, inovasi, dampak sosial ke publik, serta integritas personal.

Acara yang mengusung tema Navigating The Unpredictable ini, menjadi salah satu momentum RPX dalam menyampaikan komitmen untuk adaptif di era VUCA dan disruptif. Ajang paramarketeers terbesar di Asia ini dihadiri oleh 5.000 marketing enthusiast, 500 perusahaan, serta diisi dengan 50 pembicaraexpert, salah satunya Albert Palit, GM E-Commerce RPX Groupuntuk membagikan pandangannya.

Taufick Daniel Mochtar, Chief Executive Officer (CEO) RPX Group mengatakan. “Atas nama RPX Group mengucapkan terima kasih dinyatakan dan masuk kategori nominasi di ajangmarketing yang menarik ini. Kami akan lebih optimis lagi mengembangkan roda bisnis melalui channel marketing and communication, khususnya digital mareketing. Strategi secaraonline dan offline merupakan hal esensial sejalan pertumbuhan perusahaan. Penggunaan kombinasi keduanya telah menarik perhatian kami yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini. Di era kekinian, keduanya akan digabungkan dengan financial dan entreprenurship, sehingga tercipta langkah paling efektif. Kemudian menghasilkan inovasi yang membawa perubahan bagi perusahaan serta pelanggan#KidsJamanNow,” ujarnya.

Salah satu solusinya, dalam menjawab kegalauan karena menunggu kapan paketnya datang, RPX merilis navigator terbaru #KirimPaketJamanNow dengan  #pakeRPX yaitu “PAS” Paket ambil/ antar Suka-Suka. PAS merupakan bentuk layanan bagi shoppers saat menerima paket setelah berbelanjaonline. PAS memberikan kemudahan jasa pengantaran paket pertama di Indonesia yang dapat dilayani melalui toko/ outlet. PAS akan mengubah cara ketika berbelanja online, karena memberikan nilai lebih, antara lain menyehatkan, enerjik, sangat mudah dan nyaman.

PAS sebagai layanan mandiri melalui lokasi pengambilan paket (self-service Package Pick up Point) dirancang khusus bagi shoppers. Caranya mudah, hanya tiga langkah, pertama: pilih PAS sebagai metode pengiriman paket, lalu pilih outlet/ toko tujuan sebagai tempat pengambilan paket. Kedua: paket akan diantar dari pengirim ke outlet/ toko tujuan sesuai yang dipilih. Paket akan tersedia untuk diambil dalam waktu hingga lima hari, setelah menerima “notifikasi dan personal identification number (PIN)” dari pesan singkat (SMS) atau e-mail. Ketiga: shoppers bisa ambil paket. Atur waktu yang pas sesuai aktifitas. Dengan PAS, shoppers yakin menerima paket melalui proses otomatis dan aman. Jadi, tidak perlu menunggu pengiriman atau buru-buru pulang ke rumah dengan harapan bisa menemukan paket, yang ada akan kecewa karena ketidakpastian.

Shoppers dapat melacak status pengiriman (tracking) dengan menggunakan RPX website dan Mobile Apps. Secara keseluruhan, keandalan RPX Mobile Apps sebagai platformuntuk menawarkan kenyamanan bagi setiap pelanggan melalui fitur/menu yang dapat digunakan hanya dalam satu genggaman dan waktu bersamaan/ tepat (real time).

Untuk 2018, Taufick sangat menekankan, “kami perlu mempersiapkan langkah tepat dalam menghadapi badai perubahan sosial dan teknologi yang tergolong dahsyat. Inilah situasi yang lebih  dikenal volatile, uncertain, complex danambiguous (VUCA). Disinilah, RPX terus melakukan transformasi di pasar yang terus kompetitif. Dan, PAS menjadi pengembangan bisnis RPX melalui kemitraan yang memanfaatkan konsep sharing economy.”

Taufick menjabarkan. “Hadirnya PAS dari RPX sebagai wujud dukungan perkembangan e-commerce yang saat ini membutuhkan banyak terobosan anyar sesuai pertumbuhan pasar. PAS diharapkan mampu menyediakan pilihan layanan yang lebih fleksibel bagi shoppers, dapat diambil kapan saja dan di toko/ outlet mitra RPX mana saja. RPX yakin, shoppersakan menikmati layanan #KirimPaketJamanNow#pakeRPX,” katanya.

#KirimPaketJamanNow optimis menjadi bagian gaya hidup generasi milenial. Menurut berbagai riset, sekitar 80 – 90 persen # KidsJamanNow dipastikan membawa ponsel pintar (smartphone) dalam kebanyakan aktivitasnya. Kalangan ini adalah demografi “vital & viral” yang menyumbang angka tertinggi bagi bisnis daring (dalam jaringan). Pembelanja milenial dinilai sebagai pemimpin dan pemacu revolusi e-commerce. Dengan demikian, millenials juga bisa mempengaruhi angkatan pendahulunya untuk mengikuti cara baru terima paket.

“Industri ekspres dan logistik terus tumbuh secara positif sejalan perkembangan bisnis e-commerce atau meningkatnya jumlah belanja online. Bidang jasa pengiriman menjadi kunci utama dalam kelancaran arus barang dan jasa di Indonesia sebagai negara kepulauan, Asia untuk regional dan global. Artinya, sektor ini masih berpeluang besar dalam berbisnis,” jelas Taufick usai kegiatan kepada rekan media, Jumat (8/12/2017) di Jakarta Selatan.

RPX melihat peningkatan volume pengiriman dari sebagian besar pemain e-commerce. Periode 2016 – 2017, pertumbuhan Grup RPX sejalan dengan pertumbuhan industri logistik di Indonesia yang berkisar 21,7 persen. Angka ini juga dikemukakan Indonesian Logistics and Forwarders Association

Red-HJ99/

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here