Gali Potensi Siswa, HIMAPFIS UMP MOPHYCS 2018

42
41

Harianjateng.com– Menjadi syiar program pendidikan yang dikembangkan dan meningkatkan serta menggali potensi siswa, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo (HIMAPFIS UMP) menggelar Momentum of Physics (MOPHYCS) 2018 di Komplek Universitas Muhammadiyah Purworejo. Agenda rutin tahunan yang telah beberapa kali diselenggarakan ini dilaksanakan pada 26 Februari sampai dengan 1 Maret 2018.

Disampaikan Nur Romadhon Ketua Panitia bahwasanya agenda yang jadi event tahunan ini digelar untuk tingkat DIY-Jateng. “MOPHYCS kali ini mengangkat tema Increase Your Talents and Skill In Educations to be Healty Rivalries. Guna meningkatkan serta menggali potensi yang dimiliki siswa menengah atas atau kejuruan dalam bidang akademik maupun non akademik,” ungkapnya.

Event ini dihelat untuk beberapa rangkaian yakni Workshop Jurnalistik dan Olimpiade Fisika pada 26 Februari 2018, Volley Competition pada 27 Februari hingga 1 Maret 2018 dan Roket Air pada 1 Maret 2018.

Dalam sambutannya Dr. Siska Desy Fatmaryanti, M.Si. Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo (Progdi P.Fis UMP) menyampaikan bahwasanya bersama HIMAPFIS menggelar agenda ini sebagai salah satu strategi mensyiarkan program pendidikan yang dikembangkan serta mengajak untuk dapat menyenangi mata pelajaran fisika yang mana merupakan ilmu dasar pengembangan teknologi.

“Fisika sebagai ilmu dasar yang menjadi landasan pengembangan berbagai macam teknologi yang pada saat ini banyak kita gunakan. Banyak yang mengeluhkan mapel ini jadi momok kesulitan bagi siswa. Sehingga dalam langkah menepis hal tersebut, agenda ini diselenggarakan. Bahwasanya fisika itu asyik, menyenangkan. Semoga melalui kompetisi ini, siswa dapat berkompetisi dengan sehat, mendapatkan banyak pengalaman dan keterampilan. Ilmu itu tidak harus text book yang ada pada buku. Tetapi apa juga yang didapat dari lingkungan,”ujar Siska Desy.

Lanjutnya ditekankan bahwa dimana belajar bersekolah tak menjadi masalah asalkan semangat belajar tetap ada dan jadi pembelajar sejati. “Mau sekolah dimana saja jika anda serius, seorang pembelajar sejati itu tidak jadi masalah. Dengan agenda ini sangat apresiasi dan semoga kerjasama denga berbagai stake holder tekait akan dapat berjalan dengan serta semkin baik ke depannya,” pungkasnya.

Agenda dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 2 UMP Drs. H. Ashari, M.Si. yang memotivasi siswa agar senang dengan semua yang berkaitan dengan fisika karena mempelajari terkait fenomena alam yang juga sekaligus laboratoriumnya. “Apresiasi disiapkan bagi peserta berupa fasilitas khusus ketika akan ikut daftar diri bergabung dengan program studi Pendidikan Fisika UMP pada tahun pelajaran 2019,” ujarnya.

Agenda workshop disampaikan oleh Diki Bayu Aji dari UKM Jurnalistik UMP yang memaparkan akan peran pentingnya membaca menulis dalam turut serta mengimbangi kemajuan teknologi, teknik menulis berita, serta aspek lainnya dan juga pelatihan singkatnya. “Everybody is a journalist, Together we inform all story about our`s country. Setiap kita bisa jadi jurnalis. Untuk peserta dan masyarakat Indonesia mari budayakan membaca dan menulis. Karena kedua hal tersebut sangat dibutuhkan Indonesia. Yang mana dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara,” tuturnya.

Dalam penutupan acara disampaikan secara resmi oleh dan menyampaikan bahwa event semacam ini sangat baik guna mendukung potensi-potensi siswa SMA/SMK dalam mengembangkan kompetensinya dalam bidang akademik maupun non akademik. “Lembaga pendidikan ini mengembangkan proses pendidikan yang sesuai dengan jurusan dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi serta juga dikembangkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa/mahasiswanya melalui berbagai macam kegiatan mahasiswa,” ungkapnya.

Adapun hasil kompetensi yang telah diselenggarakan yakni Olimpiade Fisika, Juara 1 diperoleh Arif Romadhan dari SMA N 1 Purworejo dan juara 2 diperoleh Muhammad Al Faqih dari SMA N 1 Purworejo. Dan untuk Roket Air, juara 1 diraih tim 8 dari SMA Muhammadiyah 1 Magelang. Dan Juara 2 diraih tim 11 dari SMK PN2 Purworejo. Sedangkan untuk Volley Competition , Juara 1 diraih oleh tim dari SMK N 4 Purworejo dan Juara 2 tiim dari SMA N 2 Kebumen

Red-HJ 99/

Tinggalkan Komentar

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here