Koramil 24/Klaten Utara Hadir Sebagai Pembina Diksar Menwa di kampus Unwidha Klaten

0
42

Klaten, Harianjateng.com- Bati Tuud Koramil 24/Klaten Utara beserta anggota hadir sebagai pembina pendidikan dasar Menwa Unwidha yang dilaksanakan di kampus Unwidha Klaten selama tiga hari. Kegiatan tersebut merupakan agenda perguruan tinggi untuk andil dalam bela negara.

Dikatakan oleh Bati Tuud Peltu Supriyadi bahwa Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk turut mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). “Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer, Markas komando satuan Menwa bertempat di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut,” jelasnya.

“Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya,” Peltu Supriyadi.

Adapun tujuan Resimen Mahasiswa diantaranya. Pertama, empersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.

Kedua, sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam Bela Negara. Dan Ketiga mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA).

Red-HJ99/Aris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here