Kreativitas Kejuruan Tata Busana SMK Harapan Mulya Kendal, Olah Sampah Jadi Barang Berharga

0
139
Foto murid SMK Harapan Mulya Kendal bersama dengan guru Tata Busana dengan hasil karyanya

Kendal, Harianjateng.com- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Harapan Mulya Kendal kejuruan Tata Busana sangat kreatif, menyulap bahan bekas menjadi barang berharga. Bisa dilihat dari berbagai barang menarik yang dihasilkan, seperti berbagai macam bentuk bantal-bantal  dari kain perca, dompet dan hiasan bunga.

Hasil Karya Kejuruan Tata Busana SMK Harapan Mulya Kendal

Disampaikan oleh Frida Fatmawati Kepala Kompetensi Kejuruan Tata Busana SMK Harapan Mulya bahwa di sekolahan mempunyai program pemanfaataan limbah kain bekas. “Kami mempunyai beberapa program diantaranya memanfaatkan limbah kain bekas yang diolah menjadi barang berharga. Kanapa kami buat program ini, karena banyak murid dari kami khsusnya kejuruan tata busana yang setelah lulus datang ke sekolahan mereka ingin jadi pengusaha, tapi masih binggung dengan anggaran. Dengan progam ini lebih memberikan pandangan usaha  dengan modal yang sangat sedikit,” jelasnya saat ditemui rekan media, Sabtu (07/04/2018) di Aula Tata busana SMK Harapan Mulya Kendal, Jawa Tengah.

 

Lanjut Frida, dengan program ini dirinya mengenalkan kepada para murid bahwa dari hal yang tidak bernilai menjadi barang yang bernilai harganya, apalagi kalau mereka terus mengasah kreativitasnya maka akan menjadi barang dengan harga yang fantastis.

 

Selain itu Frida menambahkan, “dalam program ini tidak hanya bantal-bantal perca, dompet, dan hiasan bunga tetapi kami juga membuat busana, seperti busana muslim, busana Jepang tradisional dan modern serta baju-baju casual batik. Dan dalam hal ini kami juga tekankan kepada para murid untuk bisa berkarya dengan membuat bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), alhamdulilah dari ketrampilan ini sudah banyak murid-murid yang mendapatkan hasil dari penjualan karyanya.”


Hasil Karya Kejuruan Tata Busana SMK Harapan Mulya Kendal, dengan busana yang dipakai oleh Putri salah satu model dari SMK Harapan Mulya.

Sementara itu, Kepala sekolah SMK Harapan Mulya Bapak Ahmad Muhajirin, S.T., juga menyampaikan, bahwa dirinya benar-benar mendidik siswa-siswinya menjadi anak yang  berkompetensi.  “Kami mendidik anak-anak agar mempunyai jiwa wirausaha dan membekali anak-anak dengan berbagai ketrampilan, agar setelah lulus bisa menjadi anak yang multitalenta siap menghadapi perkembangan zaman dan mampu bersaing di dunia kerja maupun wirausaha,” tuturnya.

 

Selain kejuruan Tata Busana, SMK Harapanya Mulya juga mempunyai  kejuruan Grafika, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Bodi Otomotif.

Red-HJ99/Heri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here