KKN STAINU Temanggung Siap Diterjunkan

0
24

Temanggung, Harianjateng.com- Seluruh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN tahun ini menggelar rapat terbatas untuk membahas persiapan penerjunan KKN di lokasi pengabdian di wilayah Kecamatan Tembarak, Kamis (12/4/2018) bertempat di kantor Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STAINU Temanggung, Jawa Tengah.

Dalam rapat itu, Moh. Syafi Ketua LP3M STAINU Temanggung menegaskan bahwa persiapan penerjunan KKN mulai 15 April 2018 sampai 14 Mei 2018. “Sebelumnya sudah diterjunkan ke desa masing-masing untuk observasi sampai besuk Sabtu 14 April 2018. Kemudian nanti meskipun hari libur, Minggu tanggal 15 April 2018 untuk penerjunan di lokasi KKN,” beber dia saat rapat.

Pihaknya juga menambahkan bahwa penerjunan itu sudah melalui tahapan matang yaitu observasi. “Kemarin semua kelompok sudah presentasi hasil observasi untuk dijadikan program kerja KKN,” ujar dia.

Pihaknya menegaskan, ada sejumlah hal yang perlu dikawal DPL agar kualitas KKN tahun ini tepat sasaran. Pertama adalah pengawalan program kerja yang sudah sesuai dengan tema besar KKN STAINU tahun ini yang menekankan penguatan kelembagaan dan sumber daya manusia dalam aspek keagamaan. “Per kelompok itu ada sekitar 50 program kerja. Baik kelompok maupun individu. Makanya kalau tidak fokus, waktu sebulan itu akan sia-sia dan tidak terlaksana,” tegas dia.

Kedua, kata dia, penekanan pada aspek ketercapaian di wilayah keagamaan. Misalnya, pengawalan sertifikasi tanah wakaf, struktur kepengurusan takmir atau TPQ. “Karena surat keputusan atau SK itu semua harus disampaikan ke Kemenag untuk didata,” ujar dia.

Kemudian, pemberdayaan masyarakat pada aspek sumber daya manusia yang bisa bersinergi dengan pihak terkait. “Mahasiswa harus fokus pada program kerja KKN agar semua program kerja terlaksana,” tandas dia.

Dalam rapat terbatas ini, hadir panitia dan DPL mulai dari Khamim Saifuddin, M.Pd.I, Rindra Puspirasari, M.Pd, Hidayatun Ulfa, MA, Hamidulloh Ibda, M.Pd, H. Heri Kusworo, S.H., dan Drs Rozis, M.Si.

Red-HJ99/HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here