Calon Sekolah Rujukan di Kabupaten Tegal

0
40

Tegal, Harianjateng.com-  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah menengah Pertama, menunjuk Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Margasari, sebagai calon sekolah rujukan di Kabupaten Tegal.

Sekolah yang berdiri di tengah-tengah kota Margasri itu ditunjuk sebagai calon sekolah rujukan, karena memenuhi syarat dan kriteria, antara lain satuan pendidikan yang telah terakreditas ‘A’, kata Kepala SMP Muhammadiyah Margasari Lilis Rohmayanti, S.Ag di ruang kerjanya, Senin (05/05/2018).

Ia menjelaskan, Sekolah Menengah Pertama yang menyandang sebagai sekolah pavorit di Kecamatan Margasari itu, mengembangkan sistem pendidikan karakter religius yang dapat dirujuk sebagai contoh bagi sekolah lain.

Jadi SMP Muhammadiyah Margasari, sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) memiliki beberapa keunggulan diantaranya memiliki pembiasaan shalat dhuha secara berjamaah, mengembangkan sikap filantropis dan humanis dan memiliki prestasi baik akademik ataupun non akademik.

Lilis Rohmayanti menjelaskan, lembaga pendidikan yang dipimpinnya sudah memenuhi SNP ditandai dengan perolehan nilai akreditas ’A’ (sangat baik) sudah banyak lomba yang diikuti dari tingkat Kabupaten, Propinsi hingga tingkat Nasional. “Tim verifikasi Kemendikbud RI yang hadir yakni Dra. Indah Lestari, M.Hum,” ungkapnya
.
Secara usulan, pihak Kemendikbud RI telah memiliki data sekolah-sekolah yang akan menjadi calon sekolah rujukan. Apalagi sekolah kami menjadi satu-satunya sekolah swasta dari 200 an sekolah negeri yang ditunjuk langsung oleh Kemendikbud RI. Maka siap tidak siap, ya itu dari Kementerian, jadi kita harus siap, tegasnya.

Lebih lanjut Lilis mengatakan, Tim Verifikasi Kemendikbud RI dalam kunjungannya akan mengecek semuanya, mulai dari profil sekolah, visi dan misi, sarana dan prasarana hingga pada program-program yang dimiliki oleh kami serta prestasi apa saja yang telah diraih di ajang perlombaan tingkat Kabupaten.

“Semuanya ditanyakan, intinya hasil dari verifikasi ini akan diinput ke data Kemendikbud RI untuk diusulkan menjadi sekolah rujukan di Kabupaten Tegal tahun 2018,” jelas Lilis.

Saat kunjungan ke SMP Muhammadiyah Margasari, tim verifikasi dari Kemendikbud melihat ruangan lab komputer dan bertanya-tanya terhadap beberapa siswa terkait sistem pembelajaran yang diajarkan oleh bapak atau ibu guru seperti apa.

Dimana sekolah berada di Kecamatan Margasari tersebut menjadi salah satu sekolah yang melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).

Dalam kunjungannya, lanjut Lilis, Tim Verifikasi Kemendikbud RI berpesan, berpesan kepadanya agar prestasi yang telah diraih oleh sekolah agar dapat dipertahankan kalau bisa ditingkatkan kembali.

“Kedepan, kalau bisa, bekerjasama dengan pihak dinas, atau pihak mana yang bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan mutu sekolah, ,”kata Lilis menirukan apa yang disampaikan Tim verifikasi kepadanya.

Dari hasil kunjungan tersebut, Lilis berharap data yang mereka berikan dapat menjadi referensi Kemendikbud RI , untuk mewujudkan pencanangan sekolah rujukan. “Kita berharap dapat hasil yang terbaik. Entah nanti hasilnya bagaimana yang pasti harus senantiasa semangat dan saling menguatkan satu sama lain,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis DIKDASMEN PDM Kab. Tegal, Ketua PC Muhammadiyah Margasari, Ketua Majelis DIKDASMEN PCM Margasari dan Ketua Komite SMP Muhammadiyah Margasari.

Red-HJ99/Joko Longkeyang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here