KPU Jateng Bersama KPK Mengadakan Pembekalan Anti Korupsi dan Deklarasi LHKPN Paslon Gubernur Jateng 2018

9
41

Semarang, Harianjateng.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia memberikan pembekalan kepada Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 serta 24 pasangan calon kepala daerah yang akan bersaing dalam pilkada di Jawa Tengah, Selasa (08/05/2018) bertempat di di Diamond Ballroom Quest Hotel – Semarang, Jawa Tengah.

Acara itu bertujuan guna mencegah korupsi kepala daerah. Dan Hadir dalam acara itu, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 serta 24 pasangan calon kepala daerah yang akan bersaing dalam pilkada di Jawa Tengah.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Joko Purnomo mengharapkan bahwa acara yang diselenggarakannya dapat menjadi salah satu langkah agar para calon kepala daerah dapat bekerja lebih baik.

“Kepada pemateri, nanti kita bisa diberikan pembekalan supaya kedepannya kita bisa lebih baik daripada hari ini,” tutur Joko Purnomo saat memberikan sambutan dihadapan hadirin.

Kegiatan yang turut dihadiri Penasehat Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mohammad Tsani Annafari bertujuan membekali para pasangan calon untuk menghindarkan diri dari praktek korupsi yang rentan terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Kami berharap dengan pembekalan di awal seperti ini, korupsi kepala daerah bisa dicegah dan dihentikan,” kata penasehat KPK, Mohammad Tsani Annafari.

Menurut Tsani, kegiatan ini perlu dilakukan karena KPK mencatat terdapat 14 Gubernur dan 75 Walikota/Bupati dan wakil terjerat kasus korupsi. Berdasarkan kasus tindak pidana korupsi tersebut, KPK telah memetakan setidaknya 9 titik rawan korupsi di pemerintahan daerah.

Diantaranya, perencanaan APBD, penganggaran APBD, pelaksanaan APBD, perizinan, pembahasan dan pengesahan regulasi, pengelolaan pendapatan daerah, rekrutmen, promosi, mutasi, dan rotasi pegawaian, pelayanan publik, dan proses penegakan hukum.

Usai pembekalan, dilakukan Deklarasi Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) oleh Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 serta 24 pasangan calon kepala daerah yang akan bersaing dalam pilkada di Jawa Tengah. Diantaranya, Ganjar Pranowo dengan total harta 6.729.155.082, Taj Yasin 3.061.935.581, Sudirman Said 4.672.784.780, Ida Fauziah 19.896.950.728.

Acara tersebut dihadiri oleh Kementerian Dalam Negeri, Plt. Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah, Kajati Jawa Tengah, Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Forkopimda, Bawaslu Jawa Tengah.

Red-HJ99/Ovan

Tinggalkan Komentar

loading...

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here