Pendistribusian dan Pendayagunaan Dana Zakat dari Kemenag Kabupaten Klaten

0
24

Klaten, Harianjateng.com- Pendistrubusian dan pendayagunaan dana zakat dari pegawai kementrian agama Kabupaten Klaten dilaksanakan di Masjid Nurul Falah  MTS N 5 Cawas Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (09/05/2018).

Kementrian Agama Kabupaten Klaten Ibu Hj. Retno Fitrotin S.Ag M.Pdi dalam sambutannya menyampaikan, “di Triwulan II ini bagi guru swasta yang berjihat fisabilillah baik guru di MTS, MI, Guru Agama, WB dari Faiz akan mendapatkan Zakat.
Pendistribusian zakat sudah dilakukan di lima Kawedanan di Kabupaten Klaten. “Untuk Triwulan ke II Jumlah dana Zakat yang di dapat Rp. 140 Juta yang akan di salurkan ke 230 guru swasta dan akan dilaksanakan bedah rumah sebanyak 5 Unit di kawedanan Pedan sendiri yang mendapat zakat sebanyak 42 Orang Mujahit,” jelasnya Retno Fitrotin.

Retno Fitrotin juga menambahkan, “dana yang disalurkan tersebut dihimpun dari kalangan ASN  Kabupaten  Klaten  dan dari kalangan masyarakat.”

Kemenag Klaten dan Baznas selalu bersinergi untuk meningkatkan kesadaran umat untuk berzakat, peran penyuluh agama Islam dalam memberikan penyuluhan tentang zakat sangat diperlukan guna menggugah masyarakat akan arti pentingnya zakat.
Sementara itu Muhammad Ashonany, S.Ag Kepala KUA Kecamatan Cawas mengatakan, secara umum keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Klaten sudah bergabung sebagai muzakki melalui Baznas Kabupaten Klaten dan Alhamdulilah bisa memberikan kontribusi yang baik.
“Siapa saja yang mampu dalam segi materi untuk tidak lupa mengeluarkan 2.5% titipan Allah dengan berupa zakat, untuk itu kemaslahatan dan kesejahteraan umat, Kemenag dan Baznas Klaten siap untuk menampung dan mentasharufkan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tutur Kepala KUA Kecamatan Cawas.
Ia juga berharap, “semoga dana yang di terima meskipun sedikit dapat nermanfaat dan tepat guna, jangan sampai menilai dari jumlah nominalnga, semoga membawa berkah dan barokah.”
Dalam pendistribusian zakat dihadiri Muspika Kecamatan Cawas, Kemenag Kabupaten Klaten, Kepala KUA Sekawedanan Pedan, Kepala MTS N Cawas dan tamu undangan serta peserta yang menerima bantuan zakat.

Red-HJ99/Aris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here