Koramil 08/Keling Melaksanakan Komsos dengan Komponen Masyarakat

0
15

Jepara, Harianjateng.com- Koramil 08/Keling Menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat di wilayahnya, Senin (14/05/2018) bertempat di Taman Jerakahdi Dukuh, Desa Gelang, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Acara yang diselenggarakan Koramil 08/Keling tersebut bertema “Bersama Rakyat Mewujudkan NKRI Berdaulat dan sejahtera”. Acara itu dihadiri oleh Forkopimcam Keling, Kapten Chb Susanto Komandan Ramil 08/Keling, Natanael Sekcam Keling, Kapolsek Keling yang diwakili Ipda Budianto, Kiai Hisyam Zamroni Kepala KUA Keling, Azhari Koordinator PPL Kecamatan Keling, Asper Gajah Biru Keling, Edi Sutikno Petinggi Desa Gelang.

Nampak hadir juga perwakilan dari Ormas Kecamatan Keling, Pemuda Panca Marga (PDM), Kokam Kecamatan Keling, Ketua PAC Pemuda Pancasila, Kusmanto, FKPPI, kasatkoryon Banser, Amirudin, GP Ansor Gelang, Dishub/LLAJR Wilayah Keling, Asnan, Ketua Gapoktan/Poktan Desa se-Kecamatan Keling, Perwakilan Pendeta dari GKMI Keling, Perwakilan Saka Wira Kartika dan Ratu Shima Koramil 08/Keling.

Acara Tersebut diawali dengan pembukaan doa dan di lanjutkan dengan Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kapten Chb Susanto Komandan Ramil 08/Keling menyampaikan banyak terima kasih atas keda semua elemen masyarakat yang hadir dalam acara ini. “Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas kehadiranya saya yakin kita yang ada disini mempunyai tujuan yang sama, yaitu kita harus dapat mempersatukan umat beragama dalam mewujudkan kondusifitas wilayah serta mewujudkan suatu sinergitas antara pemerintah dengan sasyarakat. Diantaranya dapat bahu membahu antara TNI dan rakyat, terkait dengan adanya ncaman teror mom pada akhir-akhir ini, jangan sampai hal itu terjadi di wilayah kita, bila mengetahui dan mendapati adanya hal-hal yang mencurigakan di sekeliling lingkungan kita maka diharapkan agar lapor cepat, guna untuk dilakukan penindakan,” ujanya.

Selain itu, Danramil juga mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk ikut serta menyukseskan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. “Mari kita sukseskan acara yang besar ini dalam rangka Pilkada yang aman dan damai, gunakanlah hak pilih anda jangan sampai golput, karena yang menentukan dasa depan selama 5 tahun adalah  anda sendiri. Disituasi politik saat ini kita jangan mencari kesempatan untuk mengadu domba, saya berpesan kepada tim sukses jangan sampai enciptakan kondisi keruh di masyarakat, marilah kita tingkatkan kerukunan antar umat beragama,” ajak Danramil.

Danramil juga menambahkan, “saya sampaikan kepada para Pendeta yang hadir saat ini, bahwa terjadinya pengeboman Gereja itu bukan dari Islam, pelaku itu adalah orang – orang yang ingin memecah lelah negara Kita. Ideologi pancasila adalah dasar negara kita, itu bertujuan untuk mempersatukan adanya perbedaan, sehingga terwujudlah persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh Karena itu mari kita rangkul keluarga dan anak – anak kita untuk kita bina dan awasi, agar mereka tidak keluar dari ajaran agama yang kita anut. Kami dari Koramil 08/Keling Kodim 0719/Jepara siap untuk membantu, membimbing serta melatih anak – anak anda sekalian seperti pemberian wawasan kebangsaan dan masih banyak yang lainya, maari angkitkan rasa nasionalisme sikap cinta kepada tanah air kita dalam mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal – hal Yang positif yang dapat bermanfaat bagi sesama.”

“Memasuki Bulan Ramadhan Tahun ini bagi umat islam marilah kita tingkatkan toleransi serta rasa menghargai, agar saudara – saudara kita yang sedang melaksakan ibadah puasa dapat berjalan dengan baik,” ajak Danramil.

Natanael Sekcam Keling juga menyampaikan” kami mewakili Kecamtan Keling sangat mengapresiasi sekali acara ini, mohon kegiatan ini dapat diadakan secara periodik karena ini sangat penting. Alhamdulillah untuk Kecamatan Keling sampai saat ini adalah salah satu wilayah yang kondusif tentunya kita dapat menjaganya secara bersama – sama dalam ewujudkan keamannya. Sekali lagi saya sangat senang dan mengapresiasi kepada Danramil 08 Keling beserta jajaranya yang telah menyelenggarakan acara ini serta focus mengumpulkan seluruh komponen masyarakat dalam keberagamaan ini. Saya berharap semoga Kkdepan bapak Danramil dapat menyelenggarakan kegiatan seperti ini lagi,” harapnya.

Ipda Budianto Menjelaskan, ” terkait terorisme bahwa yang menciptakan dan menjaga keamanan bukan hanya dari pihak kepolisian dan TNI saja, namun tugas kita bersama. Mari kita rapatkan barisan untuk ikut peduli dalam menciptakan kondisi aman, jangan sampai kita kecolongan lagi, hohon agar seluruh warga ikut peduli bila ada hal – hal yang mencurigakan untuk diinformasikan kepada Polsek dan Koramil, karena gangunan Kamtibmas jelang Ramadhan dan lebaran biasanya curas, penjambretan serta perampokan. Maka agar tidak terjadi korban maka kita harus peduli,” ujarnya.

Setelah sambutan selesai dilanjutkan pembacaan deklarasi Panca Akur di pandu Kapten Chb Susanto dan diikuti seluruh komponen masyarakat. Berikut adalah isi ikrar tersebut. Pertama, Walau beda agama, sedulur tetap akur karena kita satu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, wlaupun beda agama, sedulur tetap akur karena kita satu alam semesta. Ketiga, walau beda agama, sedulur tetap akur karena kita satu bangsa manusia. Keempat, walau beda agama, sedulur tetap akur karena kita satu tujuan mulia. Kelima, walau beda agama, sedulur tetap akur karena kita satu dasar Pancasila.

Dalam sesi diskusi pendeta Davit dari GKMI Keling menanyakan mengapa yang diserang adalah Nasrani ? Lalu di jawab tegas oleh Kapten Chb Susanto, “karena tujuanya untuk memecah belah antara Nasrani dan Muslim, karena Nasrani dan Muslim keberadaan di negara kita sangat besar, sehingga sangat berpengaruh bagi kondusifitas negara.”

Acara tersebut diakhiri dengan doa yang di dimpin Hisyam Zamroni Kepala KUA Kecamatan Keling dan dilanjutkan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri sebagai penutup acara.

Red-HJ99/TT ( Totok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here