KPU Kendal Melaksanakan Pelipatan Surat Suara Pilgub Jateng

0
52

Kendal, Harianjateng.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, mulai melaksanakan pelipatan surat suara Pemilihan Gebernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Rabu (23/05/2018) bertempat di Gedung KPU Kendal, Jawa Tengah.

Dalam kegiatan itu turut hadir menyaksikan, diantaranya ada Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kendal, Ubaidillah Kendal, Polisi dan TNI serta dari rekan media.

Disampaikan oleh Sekertaris KPU Kendal Sumaryatmo bahwa surat suara tiba pada tanggal 17 Mei lalu, dan proses pelipatan baru dimulai pada hari ini, ditargetkan akan selai dalam kurun waktu 4 Hari.

“Setelah surat suara itu tiba langsung kita segel dan kita tempatkan khusus sesuai dengan lokasi yang sudah disiapkan, yang mana sebelumnya telah dikoordinasikan dengan pihak Panwas dan Polres. Dan hari baru kita buka untuk dilakukannya proses pelipatan yang ditarget akan selesai dalam waktu 4 hari,” kata sekretaris KPU Kendal.

Jumlah Total surat suara yang akan dilipat kurang lebih sekitar 770 ribu dengan 150 orang personil sudah termasuk pengawas yang melakukan pelipatan.

Sumaryatmo juga menambahkan, “proses pengerjaan diawali dengan menghitung awal dari packing, lalu mensortir, dilanjut dengan melipat, dan dilakukan penghitungan kembali menjadi 1 bandel  25 surat suara.”

Di hari pertama ini proses pelipatan belum bisa disimpulkan terkait dengan jumlah surat suara yang rusak, tetapi menurut Sumaryatmo terdapat surat suara yang mengalami permasalahan dalam pencetakan, salah satunya seperti bintik-bintik tintah kecil pada bagian tengah gambar.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kendal, Ubaidillah menyampaikan bahwa semua harus ikut aturan yan berlaku. “Kalau memang ada ada bintik atau percahan gambar jika itu tidak mengganggu masih bisa ditoleransi, tetapi kalau nampak jelas akan kami anggap itu cacat. Dan kami disini akan melakukan pengawasan melekat sampai selesai dan memastikan bahwa semuanya sesuai dengan peratauran yang ada.”

Red-HJ99/ Heri

Tinggalkan Komentar

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here