IKN dan Unimus Gelar Diskusi Pilkada 2018 Anti Sara

1
52

Semarang, Harianjateng.com– Institut Komunikasi Nasional (IKN) bersama Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) akan menggelar diskusi publik yang bertema “Pemilihan Kepala Daerah Anti Sara” pada Kamis (24/05/2018).

Diskusi ini digelar dalam rangka menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018. Dan Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Pukul 14.30 WIB di gedung NRC, Kampus Unimus Semarang, Jawa Tengah.

Diharapkan dalam kegiatan ini dapat menciptakan Pilkada 2018 berjalan kondusif dan Anti Sara. “Pilkada yang sejuk tanpa ganjalan di hati, apalagi ujaran kebencian dan Sara. Mari kita jaga Indonesia yang bermartabat dengan Pilkada yang sehat, aman, damai dan bebas dari sara,” kata Denny Reksa, salah satu Aktivis IKN, dalam kiriman rilisnya, Kamis (24/05/2018).

Denny juga mengatakan, IKN merupakan perusahaan di bidang jasa komunikasi yang bergerak di penelitian, pelatihan, dan konsultasi. “IKN didirikan sejumlah jurnalis senior terkemuka di Jakarta,” ujarya.

“IKN didirikan bertujuan untuk memasyarakatkan prinsip-prinsip dan cara berkomunikasi yang positif, bermanfaat, dan membangun, terutama melalui media massa,” tambah Denny.

Diskusi ini, lanjut Denny, adalah salah satu bentuk kegiatan positif yang mempunyai tujuan sangat baik dalam membangun cara berfikir dan prilaku bersama untuk menjalankan proses demokrasi.

Dirinya juga menuturkan, Para jurnalis, dunia pers, aparat keamanan dan hukum, perguruan tinggi dan kalangan akademisi, serta tokoh-tokoh masyarakat, perlu duduk bersama para kontestan pesta demokrasi untuk menyamakan persepsi dan membangun visi yang sama tentang Indonesia yang lebih baik. “Yang harus dimulai dengan membangun kehidupan demokrasi yang baik di daerah. Baik daerah, baik pulalah Indonesia,” jelasnya.

Menurut Denny dalam pesta demokrasi semacam ini, komunikasi menjadi sangat penting. Komunikasi bisa menentukan menang kalahnya kandidat, sekaligus baik tidaknya pilkada itu sendiri. “Dalam proses komunikasi ini, peran media adalah utama,” ucapnya.

Kerja media yang terjaga dan terukur menjadi penyumbang besar Pilkada yang baik. Namun, kerja media ini tak bisa lepas dari topangan komponen penting lainnya yakni semua elemen masyarakat.

Maka dari itu, kata Denny, IKN bersama Satgas Nusantara dan Universitas Muhammadiyah Semarang menyelenggarakan acara ini sebagai sebuah forum untuk kita semua bertemu.

“Semoga pertemuan ini bermanfaat bagi kita semua dan kita bermanfaat membantu mendorong Pilkada yang lancar, aman, dan damai,” tutupnya.

Red-HJ99/Ovan

Tinggalkan Komentar

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here