Lewat Pesantren Ramadhan, SD Muhammadiyah Tempuran Menanaman Keimanan dan Kepedulian

0
49

Magelang, Harianjateng.com-  SD Muhammadiyah Tempuran mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan yang dilakukan di Sekolahan SD Tempuran, Magelang, Jawa Tengah tersebut diikuti oleh siswa siswi kelas empat sampai dengan kelas lima, sedangkan kelas satu sampai kelas tiga sudah terlaksana pada Jumat, 8 Juni 2018 lalu.

Pada kegiatan ini siswa mendapat materi tentang shalat yang dilanjutkan dengan praktek shalat oleh tiap masing-masing siswa yang dibimbing Bapak Ibu guru, kemudian dilanjutkan dengan shalat ashar berjamaah. Selain mendapat penanaman keimanan, para siswa juga mendapat penanaman rasa peduli dengan membagikan zakat fitrah kepada para penduduk desa yang tinggal disekitar SD Muhammadiyah Tempuran yang diikuti oleh semua peserta.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk implementasi dari Q.S Al-Maun juga untuk menanamkan jiwa saling berbagi serta meneladani sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim Allah SWT,” jelas Bapak Sauqi Mubarok selaku ketua panitia, Sabtu (09/06/2018).

Setelah membagikan zakat para siswa kemudia mempersiapkan diri untuk berbuka puasa yang dilanjut dengan shalat magrib berjamaah yang nantinya diteruskan dengan shalat isya dan tarawih berjamaah serta tadarus di masjid Ni’ma Darul Qoror. Kegiatan selanjutnya adalah renungan malam yang didampingi oleh Bapak Ibu guru. Dipagi harinya setelah sahur para siswa melaksanakan shalat subuh kemudian dilanjutkan dengan tadarus dan kuliah subuh. Setelah selesai para siswa diminta untuk membereskan perlengkapan mereka.

Sebelum pulang, para siswa terlebih dahulu melaksanakan shalat dhuha berjamaah. Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 07.30 WIB. Dengan adanya kegiatan tersebut, pihak sekolah berharap supaya apa yang sudah disampaikan saat Pesantren Ramadhan dapat membekas di hati para siswa dan bisa menjadi sesuatu yang diceritakan kepada orang tua mereka dirumah.

Red-HJ99/Hi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here