SBK 2018 di Hari ke-2, Ahmadi Amrun Ajarkan 4 Pilar Berbisnis

0
49

Kendal, Harianjateng.com- Ada empat pilar bisnis yang harus diplajari dan dikuasai oleh seorang entrepreneur. Aspek-aspek tersebut,
yaitu Prodksi, Keuangan, Manajemen SDM, dan Pemasaran. Tiga yang pertama dalam bisnis, menghasilkan expend atau pengeluaran. Dan hanya 1 aspek yang menghasilkan pendapatan, yaitu marketing atau pemasaran. Karena itu, hal yang pertama kali harus diplajari dan dilakukan oleh seorang pengusaha pemula adalah identifikasi pasar, lalu segera melakukan penjualan yang menghasilkan cash flow.

Hal itu diungkapkan oleh Ahmadi Amrun Owner aneilastore.com saat mengisi acara Sekolah Bisnis Kendal (SBK) 2018 di hari kedua, Selasa (10/07/2018) di Tirto Arum Baru Kendal, Jawa Tengah.

Produksi atau Pemasaran yang harus dikerjakan terlebih dahulu? Tanya Ahmadi kepada 50 peserta SBK. “Bagi pebisnis Pemula, saya yakin hampir semua akan menghadapi masalah menentukan prioritas waktu dan fokus. Jika kita memilih prioritas waktu? serasa 24 jam sehari gak cukup untuk mengerjakan segudang PR dalam bisnisnya. Sementara pengeluaran harian dan bulanan jalan terus. Tak lepas juga prioritas fokus karena dana terbatas, bisnis dikerjain sendiri,” ujarnya.

“Jadi, biasanya kalo ex-profesional perusahaan gede, begitu buka bisnis, mikirnya managemen duluan, ujung-ujungnya bangkrut, karena kehabisan ‘darah’. Begitu juga Sarjanah lulusan managemen, kalo beneran ikutin teori di kampus, 90% akan bangkrut juga..!! WHY (mengapa)? Karena mereka gak ngerti skala Prioritas dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas. Pasti akan berbeda dengan perusahaan besar, yang SDM-nya keroyokan. Pebisnis pemula, dengan SDM dan budget seadanya, kalo gak cepat-cepat membuat untung dan arus kas positif, dalam hitungan bulan juga akan mengalami kebangkrutan,” kata Ahmadi.

Makanya, kata Owner aneilastore.com tersebut, saya sering berpesan untuk lebih fokus ke pemasaran yang penting dapat duit, dan kemudian baru benahin sistem. Orang akunting jangan ngeyel yah. Coba kita pikir, apanya yang mau diakuntingin kalo duitnya aja gak masuk? Maka dari itu, kita harus fokus saat buka bisnis, terutama di jam produktif untuk cari duit alias pemasaran.

Ahmadi menambakan, “dulu saat awal bisnis, saya hanya punya 1 admin, yang bekerja mulai jam 09:00 sampe jam 16:00 dan bagian saya adalah ‘nyales’ di lingkungan industri. Sore pulang ke office (merangkap tempat tinggal) untuk berkoordinasi sama admin. Malamnya ngerjain Paper Work.

Hingga omzet sudah mengalir, barulah merekrut orang untuk membenahi sistem. Nah, mana yg dibenahin dulu? Kalo bicara managemen kan ada 4, yaitu Pertama pemasaran, kedua keuangan, ketiga Operasional dan keempat SDM ? Mana duluan?

“Karena sudah saya urutkan, ya tentu pemasaran duluan. setelah duit mengalir, baru bicara How to Manage the money. Kalo gak ada money-nya, apa yang mau di-manage. Itu prioritas dalam bisnis. Kalo mindsetnya bener, insyaAllah gak fatal,” jelas Ahmadi.

Menurut Ahmadi apa yang disampaikan tadi intinya adalah waktu kita sama 24 jam, dengan resouces terbatas, bagaimana kita bisa mengoptimalkan bisnis kita. Jadi istilah “Dari HULU ke HILIR” perlu dibalik ? “Kuasai HILIR, baru HULU”. Karena duit itu di HILIR (baca konsumen). Produksinya di SUB ke Produsen yang HANDAL. Karena Produksi itu ribetnya minta ampun.

“Tapi kalo di SUB, untungnya kan jadi TIPIS?” ? Gak papa, yang penting perputaran cepat dan lancar, dan manfaatkan semua chanel marketing social media, internet dan sebagainya buat pemasaran,” tutup Ahmadi.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here