Rapat Kordinasi PCNU Kendal dan Bahtsul Masail di Kaliwungu Selatan

0
14

Kendal, Harianjateng.com- Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kendal menggelar acara Bahtsul Masail dan Rapat Koordinasi, Minggu (30/09/2018) bertempat di serambi Masjid Al-Istiqomah Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua PCNU Kendal, KH. Muhammad Danial Royyan, Komisi X DPR RI, Drs. H. A. Mujib Rohmat, M.Hum, Majelis Wakil Cabang (MWC) Kecamatan se-kabupaten Kendal, Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kaliwungu Selatan, PAC IPNU-IPPNU Kaliwungu Selatan dan PAC Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) serta Bantuan Serbaguna (Baser) Kaliwungu Selatan.

Disampaikan oleh H. Fatkhurohman selaku ketua panitia kegiatan yang juga sebagai ketua MWC Kaliwungu Selatan bahwa acara tersebut adalah acara Triwulan, yaitu acara rutinan yang diselenggarakan pada setiap tiga bulan sekali oleh PCNU Kendal. “Acara ini adalah acara rutin yang dilakukan oleh PCNU Kendal setiap tiga bulan sekali yang tempatnya pun berpindah – pindah, kali ini bertempat di Kaliwungu Selatan,” ujarnya.

KH. Danial Royyan mengatakan bahwa acara tersebut untuk macari solusi terkait tentang permasalahan saat ini yang ada di masyarakat. “Dalam kegiatan Triwulan ini membahas terkait permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat saat ini, baik itu tentang masalah hukum maupun permasalahan yang lainnya, seperti menyikapi adanya berita-berita Hoax yang didalamnya berisi tentang ujaran kebencian dan memfitnah. Lewat program ini kita bisa mencari solusinya dengan cara-cara yang baik,” tuturnya.

“Kami pengurus PCNU Kendal menyatakan sikap akan perangi berita Hoax, karena berita Hoax akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” tambah KH. Danial Royyan.

Selain itu, Ketua PCNU dalam kesempatan tersebut juga membahas terkait 4 program yang ada di Lazisnu, yaitu pengentasan kemiskinan melalui bahasiswa pendidikan, pendampingan pengembangan ekonomi terhadap kaum dhuafa yang menjalankan usaha, Advokasi kesehatan dan tanggap akan Bencana.

KH. Danial Royyan juga berharap, semoga NU menjadi semakin bermanfaat untuk masyarakat, karena NU selalu solid dalam menjalankan program-programnya.

Dalam acara itu, Bidang Kaderisasi Ansor Kaliwungu Selatan, Ngatno menyampaikan, selain empat program yang disampaikan oleh Ketua PCNU tersebut, juga masih ada program baru yang akan dilakukan oleh Lazisnu dan NU Care, yaitu program Sedino Sedekah Sewu (3S). “Program 3S dilakukan dengan cara membagikan tabungan yang berbentuk kaleng kepada warga NU yang disediakan oleh Lazisnu dan NU Care. Dan pada setiap sebulan sekali akan diambil oleh petugas dari Lazisnu dan NU Care untuk dikumpulkan, setelah terkumpul akan dikembalikan lagi kepada warga NU yang membutuhkannya, karena program ini bertujuan untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

“Dengan demikian progam 3S sangatlah penting bagi kemaslahatan umat, sehingga para petugas harus benar benar kami kader dengan baik, sehingga saat mereka menjalankan tugasnya juga akan berjalan dengan baik,” kata Ngatno.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here