Bupati Kendal Tindaklanjuti Laporan Dugaan Penyalahgunaan DD di Desa Purwogondo

0
67

Kendal, Harianjateng.com- Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si., datangi Desa Purwogondo Kecamatan Boja, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (04/10/2018). Kedatangan Bupati Mirna yang didampingi oleh kepala dinas terkait tersebut menindaklanjuti atas laporan dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) yang dilakukan oleh Kepala Desa Mulyanto.

Kedatangan Bupati sudah disambut oleh puluhan warga warga di Balai Desa Purwogondo. Kemudian Bupati duduk bersama mendengar laporan warga tentang data-data dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh Kadesnya. Lalu Bupati juga diajak ke lokasi untuk melihat bendungan irigasi yang pembangunannya diduga tidak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya.

Salah satu warga, Sunu Tri Martoyo mengaku telah memiliki bukti pelanggaran yang dilakukan oleh Kadesnya, di antara adalah pembangunan bendungan irigasi, perbaikan jalan dan banyak lainnya, termasuk beberapa pembangunan yang diduga fiktif. “Kami memiliki data bukti-bukti dugaan penyalahgunaan yang dilakukan oleh kades,” ujarnya.

Kapolsek Boja, AKP. Windoyo juga mengatakan, pihaknya telah menemukan barang bukti  penyalahgunaan yang dilakukan oleh Kades dua periode tersebut. Barang bukti berupa prasasti pembangunan desa, padahal pembangunan tersebut merupakan pembangunan yang dibiayai APBD. Dan tindakan hal tersebut sudah dilaporkan ke Polres Kendal untuk dilakukan proses hukum.”

Sementara dalam kesempatan itu, Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, akan segera menonaktifkan Kades Mulyono dari jabatannya sebagai kepala desa. Bila mana terbukti melakukan penyalahgunaan wewenang, maka akan dicopot jabatannya sebagai kepala desa. “Saya akan non-aktifkan kadesnya bila terbukti melakukan tindakan melawan hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Purwogondo, Mulyanto membantah apa yang sudah dituduhkan warga kepadanya. Ia mengatakan bahwa apa yang dilakukan sesuai aturan. Menurutnya, hal ini untuk menggoyang dirinya yang akan mencalonkan diri kembali sebagai kepala desa. “Saya sudah melakukan sesuai dengan prosedur dan aturan, mulai dari Musrenbang desa yang mengundang seluruh ketua RT dan RW,” jelasnya.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here