Akan Ada Wisata Baru di Desa Magersari

0
15

Kendal, Harianjateng.com– Kepala Desa Magersari, Bapak Muhidin direncanakan akan membuka desa wisata baru yaitu dengan memanfaatkan sungai yang terletak di sebelah lapangan Desa Magersari, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kepala Desa Magersari, Muhidin yang baru saja dilantik pada bulan September 2018 lalu mempunyai pandangan dan inisiatif membuka wisata baru, yaitu wisata Susur Sungai, yang mana wisata tersebut dapat menghubungkan ke tempat wisata Pulau Tiban.

Muhidin mengatakan bahwa tempat wisata tersebut diperkirakan akan dilaunching pada tahun 2019 mendatang. “Pembukaan tempat wisata ditargetkan akan di buka pada tahun 2019 mendatang. Hal ini juga suda saya bicarakan dengan para pemuda dan mereka sangat mendukung,” ujarnya, Senin (08/10/2018)

Muhidin juga mengungkapkan bahwa ia telah menyiapkan peralatan untuk mendukung berjalannya wisata Susur Sungai tersebut. “Sebagai wisata Susur Sungai kami sudah menyiapkan perahu milik warga yang akan digunakan oleh para pengunjung wisata nantinya. Dan dikala musim kemarau air sungai pasti akan ikut surut, jadi kami akan membuat rakitan dari bambu sebagai pengganti perahu. Maka dari itu dalam jangka dekat ini kami akan menggelar lomba rakit dari pohon bambu,” terangnya.

Lanjut Muhidin, menurutnya pihak desa juga akan membuat dermaga sebagai tempat untuk menaiki perahu atau rakit. Selain itu, untuk memperindah dermaga akan dibuat taman taman bunga, juga akan disiapkan untuk lapak buat para pedagang yang menjual produk-produk UMKM dari warga Desa Magersari.

“Tempat wisata ini sudah mulai kita perkenalkan lewat festival-festival yang yang sudah kami lakukan, diantaranya seperti festival budaya dan Kirab Budaya Sedekah Desa yang dibarengkan dengan acara Khaul Wali Hasan yang sempat vakum beberapa tahun ke belakang,” katanya.

Sementara itu, Edy Mardi Susilo selaku Kabid Pariwisata Disporapar Kendal mengatakan bahwa dinas selalu siap mendukung dan akan memberikan pendampingan kepada setiap desa yang sudah akan membuka tempat wisata. “Disporapar siap mendukung dengan memberikan bimbingan dan pelatihan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), contoh seperti pelatihan membuat kerajinan. Karena pemerintah Kabupaten Kendal sedang merintis 101 desa wisata di tahun 2019,” ungkapnya.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here