Hizbul Wathan Tsamuha Tumbuhkan Semangat Kepanduan

0
8

Temangung, Harianjateng.com- Hizbul Watan (HW) adalah salah satu ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh santri di Pondok Pesantren Al-Mumin Muhammadiyah Tembarak Temanggung, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan rutin dalam setiap Minggu sekali.

Gerakan kepanduan ini merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang didirikan oleh K. H. Ahmad Dahlan di Yogyakarta.

Disampaikan oleh Zhafirah Nurulhusna selaku ketua umum HW MTs Al-Mumin, bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler HW di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mumin Muhammadiyah rutin dilaksanakan setiap hari Rabu sore, dengan menggunakan seragam HW dan atribut lengkap berupa topi dan hasduk berpita merah putih untuk pengenal semangat kepanduan dihentakkan.

Lanjut Zhafirah Nurulhusna, kegiatan yang dilakukan diantaranya berupa latihan baris-berbaris, pembuatan yel-yel per regu, serta pemberian materi. Materi-materi yang diberikan berupa sejarah berdirinya HW, lagu-lagu HW, juga sandi-sandi angka digunakan dalam HW.

“Kegiatan HW tidak hanya berfungsi sebagai ekstrakurikuler, akan tetapi juga berguna untuk mendisiplinkan santri, menjalin kekompakan, menumbuhkan sifat aktif, semangat serta melatih kemandirian,” terangnya, Rabu (05/12/2018).

Ia juga menyampaikan bahwa Ustad Imam Prayogo dan Ustadzah larasati yang menjadi pembina HW selalu mendukung dan memberikan materi-materi yang berkaitan dengan HW.

“Dalam pelaksanaan beberapa kegiatan, pengurus HW selalu bekerjasama dengan pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Tapak Suci (TS) Ranting MTs Al-Mumin. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada sekat diantara organisasi yang ada di MTs Al-Mumin. Semoga HW lebih maju dan lebih banyak menorehkan banyak prestasi,” terangnya.

Red-HJ99

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here