Event Semarang 10K Sukses Digelar

0
30

Semarang, Harianjateng. com – Event Semarang 10K yang diadakan oleh Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan Harian Kompas dan disponsori oleh Gets Hotel serta Bank Jateng telah sukses digelar, Minggu (16/12/2018).

Acara yang dilaksanakan di Balaikota Semarang tersebut diikuti sebanyak 2.000 peserta, baik pelari dari nasional maupun manca negara. Mereka mendapat sambutan hangat dari ribuan warga masyarakat Semarang hingga para peserta penuh semangat mengikuti lomba hingga berakhir pada finis.

Dalam kegiatan itu, para pserta mendapat suguhan berbagai atraksi budaya Jawa Tengah yang ditampilkan sangat menarik di beberapa titik rute yang dilintasi.

Semangat dan antusiasme para pelari nampak begitu tinggi, karena rute yang dilalui mewakili akulturasi budaya, tapak tilas sejarah hingga kemegahan arsitek khas Semarang, terutama gedung-gedung tua yang menjadi destinasi wisata bersejarah.

Rute lomba yang melewati Jalan Pemuda –Simpanglima – Jalan MT Haryono – Kawasan Kota Lama menjadi peserta semakin semangat tanpa merasa lelah. Betapa tidak, rute lomba itu peserta dapat menikmati melihat sejumlah bangunan kuno bersejarah di antaran gereja Gedangan yang dibangun pada 1870 dan Gedung Lawang Sewu yang didirikan pada awal 1900.

Disampaikan oleh Liem Chie An dari Hotel Gets Semarang bahwa kegiatan Semarang 10K dengan persiapan waktu yang sangat pendek, ternyata mampu membuktikan lomba lari ini dapat berjalan dengan baik dan sukses serta menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Semarang, dan diharapkan dapat menyedot ribuan wisatawan.

Ia juga mengataka bahwa di tahun depan akan menjadikan Semarang 10K lebik baik lagi, karena persiapannya akan lebih dimatangkan, hingga diharapkan para peserta baik dari naisonal maupun internasional serta wisatawan semakin bertambah untuk hadir ke Kota Semarang.

“Even lomba lari 10K ini pada tahun depan bisa bertambah even lagi, yaitu lari 21 km, karena half marathon sangat diminati oleh masyarakat di Tanah Air dan internasional,” kata Chie An.

Selain itu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kota Semarang dan Disnas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang menyatakan siap mendukung kegiatan Semarang 10K yang akan digelar lebih meriah pada tahun 2019.

“Semarang 10K tahun depan, berbagai persiapan akan kami lakukan lebih matang untuk ikut mensukseskan lomba lari ini, di antaranya rekayasa pembuatan jalur lari,  memperbaiki jalan lebih baik lagi, khususnya untuk rute lomba,” ujar Muhammad Khadik Kepala Dishub Kota Semarang.

Sementara itu, menurut Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan, kegiatan itu akan berlanjut pada 2019 dengan menampilkan keunikan dan melengkapi atraksi budaya khas daerah.

Budiman menambahkan, “peserta Semarang 10K tetap kami batasi untuk menjaga kualitas acara agar semakin baik dan memberikan kenyamanan bagi peserta. Namun jika memang pada tahun depan pesertanya membludak kemungkinan tempatnya akan dipindah ke alun-alun Simpang Lima Kota Semarang yang mana tempatnya lebih luas dibandingkan di Balaikota”.

Pada lomba lari Semarang 10K yang digelar pertama itu, sejumlah pelari dari Afrika mendominasi finis dengan tiga pelari masuk 3 besar yang mencapai finis pertama. Mereka menyelesaikan lintasan lari sepanjang 10,3 km itu dengan catatan waktu 32 menit.

Berikut adalah daftar pemenang lomba 10K :

Kategori 10K Open

Juara 1 diraih oleh James Gikunga Karanja asal Kenya dengan waktu 31 menit 56 detik, juara 2. Samson Karega Kamau asal Kenya dengan waktu 32 menit 8 detik dan juara 3. Charles Kipkorir Kipsang asal Kenya dengan catatan waktu 33 menit. Sedangkan untuk perempuan juara 1 diraih oleh Jackline Nzivo asal Kenya dengan waktu 37 menit 29 detik, Juara 2. Elizabeth Wanza asal Kenya dengan waktu 38 menit 45 detik dan juara 3. Elmi Rahmiyati, Indonesia dengan catatan waktu 50 menit 27 detik.

Kategori 10K National

Juara 1 diraih oleh Nushodiq, asal Indonesia dengan catatan waktu 33 menit 10 detik, juara 2. Nugroho, asal Indonesia dengan waktu 34 menit 11 detik, dan juara 3. Azehari Naskuri, asal Indonesia dengan waktu 34 menit 28 detik. Sedangkan untuk perempuan juara satu 1 diraih oleh Odekta Elvina Naibaho, Indonesia dengan catatan waktu 37 menit 34 detik, juara 2. Pretty Sihite, Indonesia dengan waktu 39 menit 40 detik dan juara 3. Septiana Dita Sari, Indonesia dengan waktu 41 menit 22 detik.

Red-HJ99

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here