Pedagang Pasar Kendal Tak Berlapak Akan di Relokasi

0
49

Kendal, Harianjateng.com- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Kendal telah melakukan pendataan kepada para pedagang yang menempati lapak dibagian tengah pasar untuk direlokasi, karena bagian tersebut baru saja dibangun.

Pembangunan yang dibiayai oleh pemerintah pusat pada tahun 2018 itu sudah hampir selesai, tinggal proses finishing. Pasar Kendal yang dulunya terbuka saat ini sudah beratap, sehingga pasar blok timur dan barat timur sekarang bisa menyatu.

Terkait dengan akses jalan pasar Kendal mempunyai jalan untuk keluar masuk kendaraan dan angkutan yang akan memuat dan menurunkan barang. Dan dibagian kiri dan kanan jalan tengah nantinya akan digunakan tempat relokasi pedagang. Tempat ini sudah diblok beton setinggi 30 cm.

Dikatakan oleh Koordinator Pasar Kendal, Husnul Khulq bahwa pedagang yang akan dipindah adalah pedagang yang tidak memiliki lapak atau kios, baik yang berada di luar maupun pedagang yang berada di tepi-tepi jalan di dalam pasar. Jumlahnya sekitar 170 pedagang. Hal ini dilakukan tujuannya agar kondisi pasar tertata rapi, sehingga nyaman bagi pengunjung.

“Pedagang yang berada di tepi-tepi jalan dalam pasar juga akan dipindah, karena mengganggu atau mempersulit gerobak pengangkut sampah yang lewat,” ujarnya, Selasa (15/1/2019).

Husnul menambahkan, relokasi akan dilakukan setelah pembangunannya selesai seratus persen dan sudah dilakukan serah terima dari pihak kontraktor kepada Pemkab Kendal. Untuk masalah sewa lapak, juga belum dibicarakan, apakah nantinya ada biaya sewa lapak atau tidak. “Baru dilakukan pendataan, dan belum ada musyawarah terkait sewa dan penempatan,” katanya.

Sementara itu, Saeful salah satu dari pedagang mengaku bahwa dirinya sudah didata oleh petugas, namun belum ada penjelasan terkait dengan sewa lapak atau penempatannya. “Saya sudah didata, terkait sewa saya belum ada kejelasan, namun yang terpenting masalah penempatan lapak kalau bisa jangan diundi, nanti kalau dapatnya lokasi jauh dari tempat jualan yang sekarang takutnya para pelanggan akan berkurang,” harapnya.

Red-HJ99/Heri

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here