Pengurus Medsos Harian Pemalang Akan Bantu Rehab Rumah Warga

0
32

Pemalang, Harianjateng.com- Petikan syair lagu yang berbunyi musim hujan kehujanan, musim panas kepanasan dan musim dingin kedinginan, memang benar-benar dirasakan oleh Sisum Nurpeni seorang warga Desa Kendaldoyong RT:004/01, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah .

Sisum atau biasa dipanggil mbak Sum adalah seorang janda beranak dua yang berprofesi sebagai bakul jamu keliling. Ia tinggal di rumah peninggalan orang tuanya bersama anak bungsunya yang masih kelas 5 SD. Namun rumah tersebut tampak memprihatinkan dan benar-benar sudah tidak layak huni.

“Ini rumah peninggalan orang tua saya kondisinya seperti ini bisa mas lihat sendiri kondisinya,” jelas mbak Sum ketika pengurus Group Media Sosial (Medsos) Harian Pemalang berkunjung ke rumahnya, Minggu (24/02/2019).

Rumah mbak Sum kondisinya sangat memprihatinkan, genteng pada bocor, tiang rumah amblas, pagar gribig bolong-bolong, lantai tanah kalau hujan kebanjiran, dan benar-benar sudah tidak layak huni.

“Ya harus bagaimana lagi memang kondisinya seperti ini saya pasrah, jika saya harus meminta bantuan kepada siapa saya tidak tahu,” imbuh mbak Sum sambil menahan sakit karena habis operasi.

Melihat keadaan rumah mbak Sum, semua pengurus Group Medsos Harian Pemalang yang datang merasa iba, timbul niat pengurus akan berusaha mencari jalan keluarnya untuk membantu. “Ok mbak Sum, kami sudah keliling melihat rumah panjenengan (anda) kami akan mencari jalan keluar untuk membantu merehab rumah mbak Mbak Sum, semoga ada rezekinya, ” Jelas Siswanto salah satu yang menjadi pengurus.

Masih kata Siswanto, kami akan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintahan desa setempat, semoga niat kami tidak benturan dengan pemerintahan Desa Kendaldoyong.

Ini kami juga menyerahkan bantuan dari rekan-rekan Group Medsos Harian Pemalang, tidak seberapa besar tapi setidaknya bisa membantu meringankan mbak Sum untuk beberapa hari, ” tutur Siswanto.

Terkait dengan kondisi rumah mbak Sum, Sekdes Kendaldoyong Heri ketika disambangi di kediamannya menyampaikan, ada puluhan rumah yang tidak layak huni seperti rumah mbak Sum,”di Desa Kendaldoyong ada puluhan rumah seperti itu dan runah mbak Sum sudah beberapa kalibkami usulkam melalui program Rumah Tidak Layak Huni(RLTH) namun koatanya kan terbatas, selanjutnya juga kami anggarkan dari Desa tapi kan harus sabar, bahkan terakhir kami sudah mengirimkan proposal ke Basnaz ,” ungkap Heri.

Heri juga berharap semoga proposal yang masuk ke Basnaz bisa segera ditindak lanjuti dan syukur-syukur teman-teman Group Harian Pemalang bisa menggalang dana jadi kita bisa bekerja bersama membedah rumah mbak Sum.

Bak gayung bersambut, pernyataan dari Sekdes langsung disambut osiapleh pengurus group, “siap pak sekdes kalau memang pihak Desa Kendaldoyong mengijinkan, kami akan berusaha menggalang Donatur, ” ujar Siswanto yang sudah biasa bergelut di bedah rumah.

Red-HJ99/Joko Longkeyang

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here