Tamu Malaysia Hadir di SD Muhamamdiyah Kutoarjo

0
31

Purworejo, Haarianjateng.com– Dalam rangka meningkatkan kompetensi, pengembangan pendidikan, pengetahuan dan kolaborasi pembelajaran, SD Muhammadiyah Kutoarjo menerima kunjungan dari Guru Besar Sekolah Kebangsaan Parit Bakar Tengah Muar Johor Malaysia beserta rombongan gurunya pada Selasa-Rabu (26-27/3) di Komplek SD Muhammadiyah Kutoarjo.

Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dari kunjungan yang telah dilaksanakan oleh rombongan SD Muhammadiyah Kutoarjo menuju lembaga pendidikan tersebut pada beberapa waktu yang lalu.

Disampaikan Suprayitno Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo bahwasanya lawatan tamu dari negeri jiran ini sebagai tindak lanjut kerja sama Memorandum of understanding (MoU) diantara keduanya dalam peningkatan akademik dan pengembangan kualitas pendidikan.

“Berawal dari kami berkunjung ke malaysia untuk student exchange di sekolah kebangsaan tersebut, melihat kegiatan belajar mengajar kemudian menekan MoU untuk bekerjasama baik dalam pengembangan pendidikan, pengetahuan dan juga berkolaborasi pembelajaran hingga berujung pada persaudaraan yang baik silaturahmi yang baik akan terbangun antar kedua belah pihak. Ini menjadi membangun kemitraan pendidikan di era global yaitu pendidikan yang berbasis kepada kerja sama dengan berbagai pihak salah satunya lembaga pendidikan luar negeri. Semoga agenda ini membawa angin kebaikan bagi sekolah dan pendidikan di Kabupaten Purworejo,” ungkap Suprayitno.

Penyambutan tamu diisi dengan berbagai macam agenda yakni ramah tamah, talkshow pendidikan, penampilan kreasi seni siswa, tanam pohon, observasi pembelajaran langsung, tour wisata kota dan penandatanganan kerja sama.

Puan Nur Faizah binti Muhammad Syarif selaku Guru Besar (kepala sekolah) Sekolah Kebangsaan Parit Bakar Tengah Muar Johor Malaysia dalam kunjungan kali ini mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan SD Muhamamdiyah Kutoarjo serta banyak menyampaikan berbagai program unggulan dari lembaga pendidikan yang dipimpinnya dengan logat khas melayunya.

“Kami dapat saksikan bahwasanya kegiatan belajar pembelajaran di SD Muhammadiyah Kutoarjo sedikit berbeda dengan aktiviti pembelajaran di tempat kami. Akan tetapi keseluruhannya sama dalam rangka memajukan pendidikan Islam. Kami dalam proses pendidikan akan selalu diusahakan untuk yang semakin baik. Dengan kunjungan kami disini akan kami bawa yang baik ke Malaysia yang dapat terus menjawab abad 21. Khasnya ke daerah luar,” ujar Puan Nur Faizah.

Dalam Talkshow pendidikan bertema Membangun Kemitraan dan Program Inovatif Berwawasan Global diisi oleh Guru Besar Puan Nur Faizah dari Sekolah Kebangsaan Parit Bakar Tengah, Muar, Johor, Malaysia, Pujiono Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Purworejo dan Sukaryo Kepala SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo. Pemateri membedah terkait perbedaan sistem pendidikan diantara Indonesia Malaysia, strategi pendidikan, pentingnya jejaring pendidikan secara global melalui student exchange (pertukaran pelajar), strategi kepemimpinan menghadapi abad 21 dan berbagai macam motivasi lainnya. Talkshow kali ini dihadiri kepala sekolah Muhammadiyah beserta guru se-Kabupaten Purworejo, Koordinator Pelayanan Pendidikan Kecamatan Kutoarjo, kepala sekolah beserta guru di lingkungan kecamatan kutoarjo dan lainnya.

Sukaryo salah satu pemateri memotivasi sekolah-sekolah untuk mengikuti jejak lembaga pendidikan yang dipimpinnya dengan berjejaring dengan berbagai macam lemabga pendidikan dari luar negeri. “Program student exchange yang dijalankan sekolah-sekolah Muhammadiyah ini luar biasa terbukti hari ini dengan turut hadirnya rombongan dari malaysia ke almamater SD Muhamamdiyah Kutoarjo ini . Dan mudah-mudahan ini dicontoh oleh seluruh sekolah Muhammadiyah di Indonesia terkhusus lagi di Kecamatan Kutoarjo Purworejo bergeliat maju. Sudah saatnya sekolah Muhamamdiyah maju bersama kuat dan sejahtera,”papar Sukaryo Kepala SD Muhamamdiyah Sudagaran Wonosobo.

Di sela-sela agenda ditampilkan kreasi seni dari siswa-siswi SD Muhamamdiyah Kutoarjo seperti tari dholalak, tari kreasi, surya kids band, dan kreasi yang lainnya.

Kemudian pada kesempatan ini dilaksanakan penandatanganan MoU dengan Sekolah Kebangsaan Parit Bakar Tengah Muar Johor Malaysia oleh SD Muhammadiyah Kutoarjo, SD Muhammadiyah Bayan, SD Muhammadiyah Purwodadi, SD Muhamamdiyah Kemiri, SD Muhammadiyah Bayat, SD Aisyiyah Gemolong dalam bidang 1. Peningkatan akademik, kurikulum, pertukaran pelajar dan guru; 2. Peningkatan kualitas pendidikan antar sekolah; 3. Peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan inovasi pembelajaran; 4. Bertukar ide, pengalaman dan kreativitas guru.
Red-HJ99/HI

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here