Serma Purjiyo dan Kepala Puskesmas Wedung Rujuk Pasien Gangguan Jiwa Ke Semarang

0
7

Demak, Harianjateng.com – Babinsa Kendalasem Koramil 0716-06/Wedung yang hadir dengan tim dari kepala Puskesmas Wedung II dr.Eka Nawariyanti Dalumonte serta intansi terkait akhirnya membawa Abdul Aziz (20 th) warga Desa kendalasem Wedung, Demak, Jawa Tengah, yang terkena gangguan jiwa ke RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang untuk mendapatkan perawatan intensif.

“Terkait dengan Abdul Aziz, Tim Puskesmas telah hadir terlebih dahulu melakukan assesment terhadap yang bersangkutan dan keluarganya, untuk menentukan tindakan cepat yang harus dilakukan dalam penanganan yang bersangkutan,” kata kepala puskesmas wedung II dr.Eka Nawariyanti Dalumonte, Kamis (16/05/19).

Setelah melalui evaluasi, akhirnya diputuskan bahwa Abdul Aziz dirujuk ke RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang untuk mendapatkan perawatan intensif terhadap kesehatan jiwanya.

Sementara itu, Babinsa Serma Purjiyo mengatakan, bahwa dirinya bersama warga saat berkunjung ke desa tersebut sudah menyampaikan kepada pihak keluarga untuk membawa saudara Abdul Aziz ke RSJ.
“Dulu sudah saya bawa ke RSJ tapi ini kambuh lagi untuk itu akan saya bawa lagi ke sana,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, keberangkatan ke RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang tersebut didampingi petugas dari Puskesmas Wedung dan kerabat dari Abdul Aziz. Hal itu dilakukan sebab untuk tindakan harus ada persetujuan keluarga.

“Untuk Dinsos Kabupaten Demak juga sudah diminta melakukan pemantauan dengan kunjungan secara berkala ke RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang sampai yang bersangkutan dinyatakan bisa dipulangkan,” ujar Purjiyo.

Menurut Purjiyo jika memang Abdul Aziz sudah diketahui mengalami gangguan kejiwaan dan tinggal dengan orang tuanya, dari komunikasi yang telah dilakukan, sebenarnya yang bersangkutan harus mendapatkan kunjungan rutin dari perawat jiwa Puskesmas di desanya dengan fasilitasi BPJS Kesehatan.

Red-HJ99/Ovan

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here