Lewat Pesantren Ramadhan, SD Muhammadiyah Tempuran Giatkan Iman Siswa

0
38

Magelang, Harianjateng.com – SD Muhammadiyah Tempuran mengadakan kegiatan Ramadhan yang diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Bagi kelas 1 dan 2, kegiatan berakhir pada pukul 20.00 WIB seusai shalat tarawih, sedangkan bagi kelas 3 sampai kelas 6 kegiatan ini berlangsung hingga Minggu tanggal 19 Mei 2019.

Kegiatan Ramadhan tersebut diawali dengan kegiatan mengaji yang dipandu oleh wali kelas, setelah itu dilanjutkan dongeng motivasi yang dibawakan oleh Kak Damar, kemudian dilanjutkan dengan sholat Ashar hingga pukul 16.00 WIB. Setelah shalat ashar bagi kelas 1 dan 2 diisi dengan materi pemantapan ibadah praktis yang dipandu oleh Ibu Rahmah El Yunusiyah.

Disampaikan ole Bapak Sauki Mubarok selaku Wakil Bidang Keagamaan SD Muhammadiyah Tempuran, bahwa untuk kelas 3 sampai kelas 6 diadakan kegiatan pembagian zakat fitrah yang salah satu tujuannya adalah untuk bersyiar. “Kegiatan untuk kelas 3-6 adalah membagikan zakat, agar anak-anak tahu ternyatadiluar sana masih banyak orang yang membutuhkan,” ujarnya, Sabtu (18/05/2019).

Dengan adanya kegiatan tersebut, lanjut Sauki Mubarok, terlihat wajah yang begitu gembira, ditambah antusias dan semangat anak-anak yang luar biasa yang terlihat dari keceriaan wajah mereka. “Anak-anak sangat terlihat gembira, semoga nantinya mereka akan menjadi anak yang peduli terhadap sesama dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat,” kata dia.

Kemudian acara dilanjut dengan buka bersama dengan shalat tarawih. Usai sholat tarawih bagi kelas 1 dan 2 bisa kembali kerumah masing-masing, sedangkan bagi kelas 3 sampai 6 melakukan tadarus. “Setelah tadarus, acara dilanjut dengan out night yang isinya adalah game supaya anak tidak jenuh dengan banyaknya kegiatan yang mereka lalui,” terang Sauki Mubarok.

Acara itu diakhiri dengan sahur bersama dan pada keesokan harinya sebelum pulang dilaksanakan sholat Dhuha berjamaah.

“Penanaman dan penggiatan iman yang bisa kita tanamkan lewat pesantren Ramadhan. Karena kita sebagai orang tua memiliki tanggung jawab untuk menanamkannya kepada anak-anak mulai dari sekarang,” tutup Wakil Bidang Keagamaan SD Muhammadiyah tersebut.

Red-HJ99/HI

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here