Alumni SMPN 1 Angkatan 85 Cilacap Melakukan Baksos Go Clean dan Safe Teluk Penyu

0
35

Cilacap, Harianjateng.com- Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2019, Alumni SMPN 1 ‘85 Cilacap didukung oleh Yayasan Testa Alghifari dan Dinas Lingkungan Hidup serta PDAM Cilacap mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) membersihkan sampah plastik yang menumpuk di area Pantai Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (08/06/2019).

Selain membersihkan area Teluk Penyu dari sampah plastik, Bakti Sosial tersebut juga mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada paguyuban pedagang Teluk Penyu tentang tas kresek non plastik yang terbuat dari singkong, yang ramah lingkungan dan terurai oleh alam.

Awaludin Muuri, AP., MM, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Cilacap dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi apa yang sudah diinisiasi oleh Yayasan Testa Alghifari dengan menggandeng Alumni SMPN 1 Cilacap dan komunitas Gerakan Anti Sampah (GAS). “Kegiatan ini sangat baik sekali, sehingga diharapkan kegiatan ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan,” ujarnya

Sementara itu, wakil Yayasan Testa Alghifari, Rahajeng Handayani mengatakan bahwa Sosial sebagai bagian dari edukasi dan sosialisasi untuk mengurangi penggunaan air minum dalam kemasan (AMDK) dan tas plastik dalam kehidupan sehari hari.

Ia juga berharap langkah sosialisasi dan edukasi juga ditindaklanjuti oleh pihak Pemda Cilacap. “Kami berharap kegiatan ini nantinya akan ditindaklanjuti oleh Pemda Cilacap dengan penerbitan Perda larangan penggunaan kantong plastik bagi para pelaku usaha dan penambahan jumlah tempat sampah di area pantai Teluk Penyu, serta penambahan armada motor pengangkut sampah sebagai feeder truk sampah,” harap Rahajeng Handayani.

Acara ini ditutup dengan pembagian Tas Belanja Ramah Lingkungan dan Botol Minuman oleh Rahajeng Handayani selaku wakil Yayasan Testa Alghifari kepada para peserta Baksos.

Red-HJ99/HR

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here