Usai Khitankan 131 Anak, Masjid Agung Kendal Sembelih 10 Hewan Kurban

0
6

Kendal, Harianjateng.com- Takmir Masjid Agung Kendal tahun 2019 ini berhasil mengkhitankan sebanyak  131 anak di wilayah Kabupaten Kendal, Minggu (11/08/2019).

Dalam acara tesebut, Ketua Takmir Masjid Agung Kendal KH. Makmun Amin mengatakan, kenaikan jumlah anak peserta khitan tersebut berkat saran dari Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., yang menganjurkan takmir agar tahun ini tidak membatasi peserta khitanan massal.

Ia juga menyampaikan, jumlah pada awal peserta khitanan massal yang mendaftar sebanyak 133, tetapi pada hari pelaksanaan ada 2 anak yang tidak jadi dikhitan karena beberapa alasan.

Menurut penjelasan KH. Makmun Amin jumlah peserta khitan tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan jumlah peserta tahun lalu. “Jumlah berserta pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun kemarin, karena sejak awal diselenggarakan khitanan massal pada masa pra kemerdekaan RI, minat masyarakat untuk mengkhitankan di Masjid Agung selalu meningkat. Peminat khitanan massal di Masjid Agung Kendal tidak hanya dari keluarga kurang mampu, namun juga anak dari keluarga mampu, bukan karena alasan ekonomi tetapi mereka merasa bangga bisa berkhitan di lingkungan Masjid Agung Kendal yang memiliki nilai sejarah,” ujarnya.

Lanjut KH. Makmun Amin, “ke 131 peserta khitanan massal, telah diserahkan kembali kepada orang tua masing-masing dalam rangkaian acara pelepasan peserta khitanan dan penyerahan hewan qurban di Halaman Masjid-masjid Agung Kendal”.

Acara dihadiri Kepala DPUPR Kabupaten Kendal Ir. Sugiono, MT  selaku PLT Sekda Kendal mewakili Bupati Kendal Mirna Annisa. Turut hadir dalam acara pelepasan anak khitan, ayahanda Bupati Kendal Mirna Annisa, Irjenpol (purn) Drs.H.Zaenal  Abidin Ishak, Jajaran Forkopimda Kendal, para pimpinan OPD terkait , Ketua dan jajaran pengurus Baznas Kendal serta para Tokoh masyarakat.

Selain menerima bantuan dari Baznas Kendal peserta khitan juga menerima santunan dari bupati dan para tokoh masyarakat.

Selain mengkhitankan anak anak, usai melaksanakan sholat berjamaah Idul Adha, Takmir Masjid Agung Kendal juga menyembelih 10 hewan kurban dari masyarakat sebanyak 7 ekor sapi yang  salah satunya dari Bupati Mirna Annisa  dan 3 ekor kambing.

Red-HJ99/KM

Tinggalkan Komentar

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here