Peringati Hari Kesehatan Nasional 2019, Pemkab Kendal Gelar Gebyar Germas

0
49

Kendal, Harianjateng.com- Dalam rangka puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55, Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar acara Gebyar  Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat),       Sabtu (16/11/2019) bertempat di Alun-alun Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Acara Gebyar Germas dengan tema  “Sehatkan Diri dan Sekitar Mulai dari Kita”, diawali dengan Senam Aerobik dan dibuka  oleh Sekretris Daerah Kabupaten Kendal, Moh Toha, mewakili Bupati Kendal ditandai dengan pelepasan balon udara.

Dalam sambutannya,  H. Moh Toha, S.T., M.Si., mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kualitas kesehatan. Dikatakan, Gerakan masyarakat hidup sehat dapat mempererat tali silaturrahmi dan menjaga kekompakan serta menumbuhkan kesadaran masyarakat akan  pentingnya berolah raga sehingga tubuh tetap stamina, sehat dan bugar. Tubuh yang sehat akan mampu meningkatkan aktifitas dan  produktifitas.

Lebih jauh dijelaskan, “gerakan masyarakat hidup sehat merupakan suatu langkah yang sistematis dan terencana yang dilakukan  secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran. Tindakan bersama ini berupaya menggerakkan kemauan  dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, untuk itu, mari dimulai dengan kualitas hidup keluarga dan masyarakat. Lakukan  saat ini juga untuk hidup sehat”.

Sekda Moh Toha juga mengatakan, Germas adalah gerakan yang diselenggarakan secara nasional, oleh karena itu maka harus didukung bersama-sama sebagai sarana untuk mengkampanyekan dan melaksanakan pola hidup sehat di masyarakat. Dengan komitmen kuat dan kerja keras bersama seluruh jajaran kesehatan, sehingga masyarakat Kendal yang sehat dan berkualitas dapat diwujudkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay menjelaskan, kegiatan Germas di Kendal telah mulai diselenggarakan sejak tanggal 7 bulan Oktober 2019. Berbagai kegiatan telah digelar, antara lain lomba K3 Puskesmas, lomba cerdas cermat kesehatan, senam dokter kecil , pemberian bantuan dan beberapa kegiatan sosial lainnya.

Puncak acara Germas dihadiri Ketua DPRD Kendal, perwakilan jajaran Forkopimda Kendal, Wakil dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Yengah, pimpinan OPD, para camat, para tenaga kesehatan di  Kendal. Tidak hanya memberikan pelayanan pemeriksaaan kesehatan secara gratis di stand-stand  seperti dari oganisasi-organisasi kesehatan,  puskesmas, klinik kesehatan, RSU swasta dan RSUD pemkab. Kendal.

Kampanye Germas juga dimeriahkan dengan lomba senam, pemberian santunan kepada anak-anak keluarga kurang mampu dan  sesi makan buah secara bersama-sama oleh seluruh tamu undangan dan peserta Germas.

Red-HJ99/SW

Tinggalkan Komentar

loading...