UKW Ke-24 PWI Jateng Telah Resmi Ditutup

0
42

Semarang, Harianjateng.com- Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-24 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah telah resmi ditutup pada Sabtu siang (16/11/2019) di Hotel Alaska Horison Semarang.

 

Dalam sambutannya Ketua PWI Jateng, Amir Machmud menyampaikan, kegiatan yang dimulai sejak Jumat kemarin (15/11/2019) hingga sekarang berlangsung dengan lancar. “UKW ini alhamdullilah berjalan dengan lancar dan penuh dengan kegembiraan, dan InsaAllah betul-betul menciptakan produk-produk wartawan yang nantinya akan memberikan warna berbeda ketika yang hadir ini memang belum pernah tersentuh oleh UKW,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pengurus PWI Pusat, PWI Provinsi Jawa Tengah dan para peserta yang dengan tekun telah mengikuti kegitan ini. “Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada para peserta yang lulus UKW karena ini akan mempengaruhi performa, baik itu hal teknis atau hal-hal baru yang didapat oleh para penguji, dan hal-hal terkait dengan hukum pers dan kode etik jurnalistik. Kemudia bagi peserta yang dinyatakan belum kompeten, saya berharap ini bukan akhir dari karir kita, karena masih ada lagi UKW berikutnya,” tutur Ketua PWI Jateng tersebut.

Diterangkan oleh Marasati Siregar selaku perwakilan dari para penguji. Ia menuturkan bahwa terdapat 28 orang yang mendaftar, terdiri dari 4 orang UKW peserta utama, 6 orang peserta madia dan 18 orang peserta muda. Namun setelah dilakukan registrasi menjadi 25 orang yang bisa mengikuti UKW.

Lanjut Marasati, “usai dilaksanakan uji kompetensi selama dua hari hasilnya dinyatakan 2 orang peserta utama belum kompetensi, peserta muda semua kompeten, dan 1 peserta muda yang belum berkompeten”.

Kepala Dewan Pendidikan PWI Pusat, Hendro Basuki dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses bagi para peserta yang sudah lulus UKW dan dinyatakan berkompeten. Namun menurutnya malah menjadi awal akan dihadapkan dengan banyak persoalan, sehingga diharapkan para peserta harus belajar lebih keras lagi.

“Nantinya saat di lapangan kita akan menghadapi banyak persoalan terkait dengan jurnalistik, maka dari itu, kita juga harus paham tentang teknis, etika dan hukum. Selain itu, kita harus banyak menambah nustrisi dengan cara gemar membaca buku, karena semakin banyak buku yang kita baca maka pula menambah nutrisi kita dalam berjurnalistik,” pesan Hendro kepada para peserta, sekaligus menutup acara tesebut.

Sementara itu, Aminudin peserta UKW dari Tulung Agung Jawa Timur mengaku senang bisa mengikuti uji kompetensi di Jawa Tengah. “Saya merasa bangga bisa mengikuti UKW yang diselenggarakan oleh PWI Jateng. Menurut saya, kegiatan ini sangat bagus sekali, karena mendidik dan mengarahkan wartawan sesuai dengan profesinya,” ucapnya.

Red-HJ99/HR

Tinggalkan Komentar

loading...