Abdul Kholik : Pengamalan Pancasila Tangkal Ancaman Ideologi

0
59
Dr. Abdul Kholik, M.Si, Wakil Ketua Komite I DPD RI-Anggota MPR berada di tengah memakai baju batik bercorak hitam putih

Cilacap, Harianjateng.com- Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan arah dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Diperlukan upaya pemahaman dan pengamalan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari agar mewujud dalam perilaku kehidupan dan kebangsaan.

 

Hal itu ditegaskan oleh Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si., Wakil Ketua Komite I DPD RI-Anggota MPR RI dalam sosialisasi 4 Pilar di Universitas NU Al Ghazali Cilacap Jawa Tengah, Kamis (28/11/2019).

Dalam acara tersebut diikuti mahasiswa dan civitas akademika, organisasi kepemudaan, dan kalangan masyarakat umum.

Lebih lanjut DPD Perwakilan Jateng tersebut mengatakan, “sesungguhnya tidaklah sulit, karena dalam kehidupan keseharian kita sudah penuh dengan nilai-nilai yang merupakan wujud pengamalan Pancasila. Kehidupan yang religius taat beribadah, saling menghargai merupakan contoh yang nyata”.

Selain itu, Abdul Kholik mengingatkan bahwa di tengah kemajuan teknologi dan komunikasi membuat interaksi antarmanusia tidak terbatasi. Dari seluruh penjuru dunia orang bisa berkomunikasi kapan saja dan dimana saja. Disinilah letak ancaman paparan ideologi transnasional bisa terjadi.

“Kalangan generasi muda dan milenial merupakan kelompok strategis yang berpotensi terpapar ideologi asing yg tidak sejalan dengan Pancasila.
Dalam rangka memgantisipasi harus diupayakan penyadaran dan penyegaran secara terus menerus dengan sosialisasi 4 pilar MPR-RI,” tutur Wakil Ketua Komite I DPD RI-Anggora MPR tersebut.

Red-HJ99/HR

Tinggalkan Komentar

loading...