Dr. Agus Surono, S.H., M.H., Dikukuhkan Menjadi Guru Besar di UAI

0
91
Profesor. Dr. Agus Surono, S.H., M.H.

Jakarta Selatan, Harianjateng.com- Dr. Agus Surono, S.H., M.H., dikukuhkan menjadi Guru Besar (Profesor) Dosen Tatap Fakultas Hukum di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Sabtu pagi (7/12/2019) di Ruang Auditorium Arifin Panigoro Lantai 3 UAI, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

 

Dalam acara itu, hadir sejumlah akademisi para Guru Besar dari berbagai universitas di Indonesia, para tokoh politik, dan para pejabat pemerintahan lainnya, serta ratusan dari berbagai lembaga organisasi, baik kepemudaan mapun dari kemasyarakatan.

Profesor. Dr. Agus Surono, S.H., M.H., saat menyampaikan orasi ilmiahnya

Dalam orasi ilmiahnya, Profesor. Dr. Agus Surono, S.H., M.H.,menyampaikan tentang Hukum Pidana Sebagai Ultimum Remedium Dalam Penyelesaian Konflik Pengelolaan Sumber Daya Alam Sektor Kehutanan.

Menurut Prof Agus, hukum pidana harus dijadikan upaya hukum terakhir dalam penyelesaian konflik-konfik pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) khusus sumber daya hutan. “Jadi tidak bisa kemudian ketika ada konflik tumpang tindih lahan dan kawasan hutan harus selalu mengunakan hukum pidana untuk menyelesaikan konflik tersebut, namun juga harus mengunakan proses penyelesaian hukum administrasi dan lainya, kalau memang terpaksa baru menggunakan hukum pidana, tetapi diakhir bukan diawal,” ujarnya.

“Artinya tahapan penyelesaian administratif harus diselesaikan terlebih dahulu untuk menyelesaikan konflik yang ada, dan hukum pidana tidak mesti harus ada, sehingga teori ini dijadikan metode atau cara menyelesaikan konflik,” tambah Prof Agus yang juga Wakil Rektor I Universitas Al Azhar Indonesia tersebut.

Sementara itu, Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Prof Dr Ir Asep Saefuddin, MSc dalam acara tersebut mengucapkan selamat kepada Prof Agus Surono, S.H., M.H., “Saya atas nama pribadi maupun Civitas Akademika UAI mengucapkan selamat kepada Prof. Agus atas pencapaian karire akademik sebagai Guru Besar Hukum. Semoga atas dikukuhkannya saudara Agus sebagai Profesor Hukum di UAI, akan bermanfaat bagi Civitas UAI serta bermanfaat bagi masyarakat Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Prof Asep juga mengatakan, jika mencermati rekam jejak saudara Prof Agus, baik sebagai akademisi maupun praktisi hukum, dirinya yakin bahwa beliau akan mengeluarkan energi positif bagi UAI dan masyarakat luas pada umumnya.

Red-HJ99/KM

Tinggalkan Komentar

loading...