Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si : Harus Ada Keseimbangan Antara Investasi dan Kelestarian Lingkungan

0
120
Wakil Ketua Komite I DPD RI-Anggota MPR, Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si.

Semarang, Harianjateng.com- Provinsi Jawa Tengah saat ini memang tengah menjadi primadona investasi, namun semua pihak juga harus memperhatikan kelestarian lingkungan di wilayahnya masing-masing.

 

Hal itulah yang disampaikan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia asal Jawa Tengah, Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si., pada kegiatan Seminar Nasional bertema “Peran Serta DPD RI dalam Pembangunan Jawa Tengah”, Selasa (10/12/2019) bertempat di Gedung DPD Jateng, Jalan Imam Bonjol Kota Semarang.

Lanjut Abdul Kholik, “aspek lingkungan, juga tidak kalah penting, sehingga harus ada keseimbangan melestarikan lingkungan dan investasi. Maka dari itu, Analisis Dampak lingkungan (Amdal) menjadi penting untuk keselamatan lingkungan.

Ia juga menyampaikan ketidak sepakatanya jika aturan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Amdal di Jateng harus dihapus demi meningkatkan investasi. “Kalau IMB dan Amdal dihapus, maka sangat dikhawatirkan banyak lingkungan di Jateng yang akan rusak. Kemudian jika sudah rusak akan banyak persoalan atau permasalahan yang akan bermunculan, sepeti banjir dan lain sebagainya, sehingga pada akhirnya, investasi tidak akan datang dan akan beralih ke tempat lain,” tambah Wakil Ketua Komite I DPD RI-Anggota MPR tersebut.

Perlu diketahui bahwa pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah berencana menghapus IMB dan Amdal dari daftar syarat yang dibutuhkan dalam proses pengurusan izin investasi.

Red-HJ99/KM

Tinggalkan Komentar

loading...