Pemkab Kendal Bentuk Klaster Pariwisata

0
25

Kendal, Harianjateng.com- Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Kendal Membentuk Klaster Pariwisata Kabupaten Kendal, Senin (17/12/2019) di lakasanakan di ruang Merak Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Kepala Disporapar Kendal, Ir. Agung Setiawan, Bappeda Provinsi Jateng, Arif Wahyudi, Ketua Klaster Pariwisata Kabupaten Magelang, Kirno Prasojo, dan diikuti 50 orang peserta terdiri unsur OPDterkait, FEDEP-PEL, HIPMI, PHRI, HPI, PPW, FUMKM, Lembaga Masyarakat, Pokdarwis dan Pengelola Wisata di Kabupaten Kendal.

Disampaikan olehKetua pelaksana, Mulyadi, S.E., M.M., bahwa maksud dilakasanakan kegiatan itu untuk memfasilitasi terbentuknya klaster pariwisata di kendal, dan bertujuan untuk menyatukan visi dan misi bersama, kolaborasi dan sinergi program antar pelaku pariwisata di Kendal dalam pengembangan sektor pariwisata.

Lanjut Mulyadi, “selain itu, juga untuk meningkatkan kunjungan wisata, baik lokal, regional, nasional maupun internasional guna meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah”.

Arif Wahyudi saat memaparkam menteri mengatakan, untuk mengangkat tempat wisata, maka, harus memiliki icon yang bisa dijual dan harus menarik, serta harus mempunyai ciri khas berbeda dengan wisata lainnya. “Kelas Kaster ini harus inovatif, kreatif dan produktif, serta harus berkelanjutan agar selalu terlihat menarik,” ujarnya.

Sedangkan narasumber Ir. Agung menyampaikan terkait Potensi Wisata di Kabupaten Kendal. Ia mengatakan, saat ini di Kabupaten Kendal ada sekitar 60 destinasi wisata, namun semuanya belum maju secara siknifikan, maka dari itu, dengan adanya Klaster Pariwisata akan mendorong semua pihak untuk bersama-sama memajukan pariwisata di Kabupaten Kendal.
“Diharapkan klaster ini bisa menjadi klaster unggulan di Kabupaten Kendal, yang dapat mengangkat kluster-kluster lainnya,” tutu Kepala Disporapar Kendal tersebut.

Sementara itu, Ketua Klaster Pariwisata Kabupaten Magelang, Kirno menyampaikan sinergitas semua stakeholder terkait, demi terciptanya Klaster Pariwisata yang baik.

Adapun pengurus inti  pembentukan Klaster Pariwisata tersebut, yaitu sebagai ketua saudara Slamet, wakil ketua saudara Huasin, sekretaris saudara Idama dan bendahara saudara Zaki.

Red-HJ99/KM

Tinggalkan Komentar

loading...