Tiga Pengusaha Muda Kendal Mendapat Program WMP dari Kemenpora

0
34

Kendal, Harianjateng.com- Sebanyak 3 pengusaha muda di Kendal mendapat fasilitasi kegiatan Wirausaha Muda Pemula (WMP) Kementerian Pemuda Olahraga RI. Fasilitasi tersebut merupakan program bantuan hibah pengembangan usaha bagi pengusaha muda pemula.

 

Mereka yang menerima bantuan yaitu Anggun Pristiyani (anggun fashion), Lailatul Udma (lala gallery) dan Rofi Dziaulhaq (crows company).
Selain kegiatan Wirausaha Muda Pemula ini, melalui DPD KNPI Kabupaten Kendal, juga mendapat fasilitasi program Sentra Kewirausahaan Pemuda.

“Untuk bentuk program Sentra Kewirausahaan Kendal, kita adakan Sekolah Wirausaha Kendal Pro (SWK Pro)” tutur Arif Fajar Hidayat, Wakil Ketua Bidang Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif DPD KNPI Kendal.

Menurut Arif, kegiatan SWK Pro ini dimulai sejak 25-26 Oktober kemarin dengan kegiatan workshop dan coaching bersama Coach Fitra Jaya Saleh.

Selain itu, selama 3 bulan sejak Oktober hingga Desember 2019 ini telah diadakan berbagai macam kegiatan, diantaranya bazar dan expo, kunjungan usaha dan pengusaha, kuliah bisnis WA dan pendampingan usaha.

“Tujuan akhir dari sekolah wirausaha kendal ini diharapkan agar para peserta ini bisa meningkatkan skill usahanya. Kita beri pengetahuan ilmu dan teknik menjalankan usaha, terutama teknik menaikkan omset,” kata Arif.

Sementara itu, menurut Nanang Husni Faruk, Ketua KNPI Kendal mengatakan, kegiatan SWK Pro ini akan terus berlanjut. “Meskipun sudah berakhir tahun anggaran, tetapi kami tetap akan melanjutkan kegiatan ini,” ujar Nanang.

Nanang juga mengatakan, sebagai bentuk evaluasi kegiatan SWK Pro ini, maka diadakan sarasehan bersama peserta SWK Pro sekaligus penyerahan WMP dari Kemenpora. “Sarasehan ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan dan memotivasi pengembangan usaha wirausaha muda. Kegiatan kami lakukan di DW Caffe yang dihadiri Drs H Imam Gunawan MAP, Asisten Deputi Kewirausahaan Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI dan Indriyanto S. Sos., Kasie Pengembangan Pemuda Disporapar Kabupaten Kendal.

Dalam kesempatan tersebut Drs Imam Gunawan MAP sangat mengapresiasi dinamisnya iklim atau ekosistem kewirausahaan yang ada di Kendal. Hal ini ditandai dengan tumbuhnya aktifitas pengembangan wirausaha. “Saya sangat mengapresiasi dengan munculnya komunitas komunitas wirausaha muda, yaitu ada Sekolah Bisnis, ada Teknoprenuer, dan ada Sekolah Wirausaha Kendal,” terangnya.

Imam Gunawan menambahkan, “bahkan yang menariknya komunitas ini bisa bersinergi dan kolaborasi dengan KNPI, dan saya pikir DPD KNPI Kendal bisa menjadi contoh KNPI Se- Indonesia dalam hal pengembangan kewirausahan pemuda,” terang Imam Gunawan.

Sementara itu, menurut Indriyanto, S.Sos menyatakan bahwa dengan kehadiran program Kemenpora di Kabupaten Kendal ini sangat terbantu. “Program Kemenpora sangat bermanfaat, terutama dalam upaya pengembangan kewirausahaan,” tegas Indriyanto.

Indriyanto berharap dengan program-program tersebut diharapkan bias menjadi manfaat dan berkah bagi penerima dan pemuda Kab Kendal.

Selain sarasehan tersebut, secara simbolis juga diadakan penyerahan fasilitasi Program Wirausaha Muda Pemula dari Kemenpora kepada para penerima program. Masing masing penerima program mendapat bantuan pengembangan usaha sebesar Rp 25.000.000, dan penyerahan penyerahan sertifikat Program Sekolah Wirausaha Kendal dari Kemenpora.

Red-HJ99/KM

Tinggalkan Komentar

loading...