Melalui UKM Saintek UMP Diharapkan Mampu Terus Lahirkan Sociopreneur

0
5

Purworejo, Harianjateng.com– Unit Kegiatan Mahasiswa Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Purworejo (UKM Saintek UMP) periode 2020/2021 dilantik, Sabtu (28/12/2019) bertempat di Ruang Seminar Kampus Timur UMP.

Pada acara itu, hadir langsung Rektor UMP Rofiq Nurhadi, dan  sekaligus melantik. Melalui sambutannya ia berpesan kepada seluruh pengurus baru yang dilantik agar mewujudkan program-program yang selaras dengan visi misi perguruan tinggi serta lahirkan sociopreneur yang mampu mendukung unit-unit mahasiswa lainnya melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan.

“Dengan jargonnya Center of Scientific and morality excelent atau Wahana Keilmuan dan akhlaqul karimah. Melalui UKM ini muara yang diharapkan lahirnya entrepreneur – sociopreneur university. Ke depan saya berharap program-program yang dikembangkan UKM bisa fokus kepada Sociopreneur dimana entrepreneur yang berbasis pada riset sosial dengan keberadaan divisi penelitian di dalamnya. Sehingga dengan ini keberadaan saudara sekalian melalui UKM ini sangat penting yakni untuk melahirkan inovasi-inovasi yang baru dimana nantinya dapat digunakan oleh unit-unit mahasiswa lainnya misalnya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM),” ungkap Rofiq Nurhadi.

Lanjutnya Rofiq, “mungkin kerja yang dilakukan tidak mudah dilihat diingat orang tetapi akan besar manfaatnya ke depannya. Karena ruhnya universitas ada pada penelitian itu sendiri. Maka saya berharap segala hasil temuan ke depan dapat di-share kan. Kemudian apresiasi kepada proses yang dilakukan selama ini UKM telah mampu mendorong prestasi dalam bidang PKM dengan masuk peringkat juara 2 se-Jawa Tengah pada tahun 2019. Semoga selanjutnya semakin lebih baik lagi”.

Turut hadir Umi Pratiwi selaku Pembina UKM Saintek UMP, Juli Lestari Ketua UKM Saintek 2019/2020, Demisioner UKM, Alumni UKM dan Tamu undangan dari berbagai unit kegiatan mahasiswa, himpunan mahasiswa serta organisasi otonom di Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sementara itu, Umi Pratiwi selaku Pembina UKM Saintek UMP mengatakan, agenda kali ini merupakan satu rangkaian dengan agenda sebelumnya yakni musyawarah tahunan anggota dengan berlanjut pelantikan pengurus pada waktu yang berlainan. Dengan tema Membangun solidaritas dan loyalitas generasi baru yang berkualitas.

Umi Pratiwi mendorong UKM juga menyampaikan, Saintek mampu menjadi pelopor prestasi akademik maupun non akademik di tingkat nasional hingga internasional serta memotivasi pengurus untuk dapat mempersiapkan diri dengan perkembangan yang sudah memasuki era teknologi 4.0.

“Mudah-mudahan UKM Saintek menjadi pelopor prestasi akademik maupun non akademik tingkat nasional maupun internasional. Dengan era 4.0 dimana era yang menantang melalui era digitalisasi, automatisasi, artificial intelegent (AI), Computing dan sebagainya. Maka harus beradaptasi serta mempersiapkan diri. Kompetisi di luar sangat ketat dimana pada 2020 akan ada 67 % pekerjaan yang hilang dan ada 57.000 pekerjaan yang baru yakni yang dimana biasanya dikerjakan oleh manusia akan dikerjakan oleh mesin. Yang harus disiapkan ketika terjun di masyarakat yaitu softskill. Dimana softskill disini seperti High order thinking skill, kemampuan berpikir kritis dan sebagainya. Sehingga semoga melalui UKM ini pengurus dan anggota bisa belajar disini bisa persiapkan diri untuk dapat terjun di masyarakat nantinya,” kata Umi Pratiwi.

Pelantikan ini sebagai momentum serah terima jabatan pada kepengurusan yang baru. Pada periode 2019/2020 unit kegiatan mahasiswa yang telah berdiri semenjak tahun 2008 silam atau kurang 11 tahun ini diketuai oleh Juli Lestari mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester 5 sebagai ketua, Pebri Utoro sebagai wakil dan Nur Cahyati mahasiswa semester 5.

Dengan jumlah keseluruhan pengurus 80 mahasiswa pada periode 2020/2021 ini,  kepemimpinan unit kegiatan mahasiswa dipegang oleh Eko Prasetyo sebagai ketua yang merupakan mahasiswa semester 5 program studi Agribisnis, Wakil Ketua Pebri Utomo mahasiswa semester 5 Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif dan Sekretaris utama Annisa Nur Laila mahasiswa semester 5 Pendidikan Matematika.

Pada periode kali ini bidang-bidang yang disusun yakni bidang organisasi yang membawahi sub bidang Kesra, sub bidang Humas dan Human Resource Development (HRD). Bidang teknologi yang membawahi sub bidang multimedia dan sub bidang informasi. Bidang riset dan pengembangan membawahi sub bidang penelitian, karya tulis dan keilmuan.

Red-HJ99/KS

Tinggalkan Komentar

loading...