Antisipasi Virus Corona, Kodim Jepara Terima Kunjungan Tim Kesehatan Klinik Pratama

0
20

Jepara, Harianjateng.com– Menyikapi penyebaran Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona, personel Kodim 0719/Jepara menerima sosialisasi pencegahan coronavirus dari Tim kesehatan Klinik Pratama Kartika 22 Kesdam IV/Diponegoro di Aula Makodim, Jumat (07/02/2020).

 

Hadir dalam acara Kepala Staf Kodim Mayor Inf M Nurul Habibi ini, diikuti oleh seluruh prajurit TNI, PNS Kodim 0719/Jepara dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XL Kodim Jepara Koorcab Rem 073/Makutarama.

Selaku nara sumber, dr. Luckytia Habibi menyampaikan bahwa coronavirus merupakan kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara.

“Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS),” ujarnya dr. Luckytia.

Dikatakannya, virus corona sangat mudah menular dengan adanya kontak fisik terutama melalui tangan dengan pengidap atau bersentuhan dengan alat-alat yang ada virus corona. Penularan bisa terjadi saat virus masuk lewat mulut, hidung, mata melalui tangan atau terhirup. Gejala tertular virus corona bisa terlihat dari demam, flu, pilek, dan gangguan kerongkongan.

Menurutnya, sampai saat ini virus corona belum ditemukan obat atau vaksin untuk mengobatinya. Untuk mengantisipasi penularan virus tersebut, bisa dimulai dengan rajin mencuci tangan dengan benar, yaitu dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Saat batuk jangan ditutup dengan telapak tangan melainkan dengan lengan tangan agar tidak ada virus atau kuman yang menempel di telapak tangan.

“Cuci tangan dengan benar, gunakan masker jika sedang batuk dan selalu jaga pola hidup yang sehat,” ungkap istri dari Mayor Habibi, Kasdim 0719/Jepara ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dengan sosialisasi ini diharapkan seluruh personel Kodim 0719/Jepara tahu apa itu coronavirus, apa saja gejalanya dan bagaimana cara pencegahannya.

“Jika kita mendapati gejala-gejala itu, segera periksakan ke dokter, klinik kesehatan atau puskesmas terdekat. Sehingga dapat segera diambil langkah penanganannya,” jelasnya.

Red-HJ99/Totok

Tinggalkan Komentar

loading...