Inilah Isi Surat Edaran PWNU Jateng tentang Shalat Idulfitri

0
54
Ilustrasi: Kantor PWNU Jawa Tengah

Semarang, Harianjateng.com – Dalam menghadapi pandemi covid-19, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah mengambil langkah untuk tata cara atau penentuan shalat Idulfitri 1441 H mendatang. PWNU Jateng mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor: PW.11/360/C/V/2020 tentang pelaksanaan shalat Idulfitri 1441 H. Surat Edaran yang dikeluarkan 14 Mei 2020 itu ditujukan kepada PCNU se-Jawa Tengah, Pengurus MWC NU se-Jawa Tengah, dan Pengurus Ranting NU se-Jawa Tengah.

Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Tengah, Drs. KH. Muhamad Muzamil, mengatakan shalat ied merupakan syiar agama dan sunnah muakkadah, di mana menjaga dan melestarikannya adalah merupakan perintah agama. “Berkaitan dengan adanya covid-19 yang ketentuan daruratnya baru berakhir tanggal 29 Mei 2020, sehingga Idulfitri masih dalam situasi tersebut. Sehubungan dengan itu, PWNU Jawa Tengah menyampaikan hasil keputusan rapat yang dilaksanakan pada hari Kamis 14 Mei 2020,” kata beliau, Jumat (15/5/2020).

Beliau menambahkan, dalam surat tersebut berisikan empat poin pokok. Pertama, shalat eid yang dilakukan secara berjamaah lebih utama daripada yang dilakukan secara sendiri-sendiri.

Kedua, shalat eid dapat dilaksanakan di rumah. Ketiga, jika dilaksanakan secara berjamaah di luar rumah, dianjurkan kepada penyelenggara agar berkoordinasi dengan pejaba setempat dan tetap memenuhi protokol kesehatan.

Keempat, senantiasa memohon kepada Allah Swt, semoga bangsa dan negara ini terbebas dari segala bahaya dan fitnah, menuju terwujudnya negara yang adil, makmur, sejahtera, di bawah ampunan Allah Swt,” lanjutnya.

Surat Edaran itu ditandatangani Rais, Katib, Ketua, dan Sekretaris PWNU Jawa Tengah dengan harapan dapat diindahkan dan dilaksanakan. (HJ33/HI).

Tinggalkan Komentar

loading...