Peserta Ekskul Jurnalistik Sematignu Weleri Ikut Diklat Literasi Ma’arif PWNU Jateng

0
32

Weleri, Harianjateng.com- Peserta Ektra Kurikuler (Eksk) Jurnalistik SMA NU 03 Muallimin (Smatignu) Weleri mengikuti diklat Gerakan Literasi Ma’arif (GLM) yang digelar oleh PWNU Jawa Tengah melalui Webinar, Senin (15/06/2020).

 

Diklat yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas guru dan pelajar Ma’arif se-Jawa Tengah, juga diikuti diikuti oleh masyarakat umum lainnya.

Acara itu dimoderatori oleh Bapak Fikri Sholakhuddin. Hadir dua pemateri yaitu Bapak Junaidi Abdul Munif selaku tim GLM, juara 1 Lomba Esai tingkat nasional RMI PBNU tahun 2017 dan Bapak Hamidulloh Ibda selaku koordinat GLM, juga Pengurus Bidang Literasi Media Serikat Media Cyber Indonesia (JMSI) Jateng.

Bapak Junaidi Abdul Munif dalam kesempatan itu menyampaikan materi tentang wawasan literasi dan jurnalistik. Sedangkan pemateri kedua, Hamidulloh Ibda menyampaikan materi teknis penulisan dan pengiriman berita.

Koordinat GLM LP Ma’arif PW NU Jateng, Hamidulloh Ibda menjelaskan, kegiatan diklat literasi tersebut digelar dengan dua model, “pertama model Webinar yang bisa diikuti secara daring lewat zoom dan youtube Ma’arif Nu Jateng. Kedua lewat whatsapp grup (WAG) yang lebih fokus pada peminat sesuai timeline yang sudah direncanakan”.

Hamidulloh Ibda, secara teknis memaparkan tentang teknik menulis dan mengirim berita yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
“Diklat Literasi GLM ini, akan dilakukan oleh tim via webinar dan WAG. Dulu, rencananya memang kita akan turun ke bawah atau turba untuk pelatihan di semua lini. Namun karena efek pandemi, maka kita merespon hal itu melalui kegiatan via daring,” kata Kaprodi PGMI STAINU Temanggung itu.

Sementara itu, Nabila Mufidah salah satu peserta diklat dari SMA NU 03 Muallimin Weleri mengaku acara itu sangat bermanfaat. “Diklat ini sangat bermanfaat, memberikan wawasan tentang literasi dan jurnalistik, serta menambah jaringan jurnalistik di Ma’arif se-Jawa Tengah,” ujarnya.

Red-HJ99/Rizka

Tinggalkan Komentar

loading...