MI Manbaul Huda dan RA Masyithoh Temanggung Adakan In House Training

0
5

Temanggung, Harianjateng.com- MI Manbaul Huda Purwodadi Tembarak dan RA Masyithoh Purwodadi mengadakan kegiatan In House Training (IHT) untuk meningkatan Kualitas guru dan karyawan, Selasa (07/07/2020).

Kegiatan tersebut diikuti seluruh guru dan karyawan MI Manbaul Huda Purwodadi Tembarak dan RA Masyithoh Purwodadi Temanggung sejumlah 40 guru dan 6 karyawan. Acara tersebut mengundang narasumber dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dan LP. Maarif NU Kabupaten  Temanggung.

Hadir pada acara tersebut yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung Bpk. KH. Ahmad Muhdzir, S.Ag. MM , Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Temanggung Bpk. H. Ahmad Sugijarto, SH., MM , Ketua Pimpinan Cabang LP. Ma’arif Kab. Temanggung Bpk. Drs. H. Yusuf Purwanto, M.Ag serta Pengawas Madrasah Kec. Tembarak Ibu Hj. Musrinah, S.Pd.I., M.Pd.I.

“IHT merupakan kegiatan penting untuk diikuti guru dan karyawan guna menunjang proses pembelajaran terhadap peserta didik di madrasah. Karena guru dan karyawan harus peka dan memahami kebutuhan pendidikan dan keinginan masyarakat” ujar kepala madrasah MI Manbaul Huda, Muhamad Adib, S.Pd.I.

Sementara itu ketua Yayasan manbaul Huda, Bpk. H. Eko Saputro, M.Pd mengatakan bahwa MI Manbaul Huda jangan sampai merasa cukup terhadap prestasi yang telah dicapai sehingga tidak ada peningkatan lagi melainkan harus selalu mengevaluasi diri terhadap kekurangan yang ada demi kualitas yang lebih baik.

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung,
Bp. Ahmad Muhdzir, S.Ag.MM, bahwa diadakannya IHT ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja guru dalam hal mengajar ataupun administrasi guru. “Jangan sampai masyarakat yang telah mempercayakan pendidikan putra-putri mereka di madrasah tidak sesuai dengan ekspektasi mereka tentang madrasah itu sendiri, dan hal ini mau tidak mau guru sebagai ujung tombak pendidikan di madrasah harus menguasai keempat kompetensi guru dan lima nilai budaya kerja” Terang Kakankemenag Kab. Temanggung.

Sementara itu Bapak H. Yusuf Purwanto, M.Ag selaku ketua PC. LP. Maarif NU Kab. Temanggung mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung penuh MI Manbaul Huda sebagai lembaga pendidikan di lingkungan Ma’arif NU untuk terus meningkatkan prestasinya dan senantiasa menanamkan nilai akidah ahlussunah wal jamaah serta berakhlakul karimah.

Pengawas Madrasah Kec. Tembarak Ibu Hj. Musrinah, S.Pd.I., M.Pd.I menyatakan bahwa IHT yang dilaksanakan oleh MI Manbaul Huda Purwodadi adalah kegiatan pertama yang dilaksanakan di area Kec. Tembarak Temanggung ini.

Selanjutnya Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Temanggung Bpk. H. Ahmad Sugijarto, SH., MM memaparkan bahwa In House Training (IHT) ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah sebagai persiapan guru untuk menghadapi tahun ajaran baru baik normal maupun dalam masa darurat. Hal itu dikarenakan daerah temanggung ini masih dalam zona kuning maka proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan masih menggunakan sistem kegiatan Belajar dari Rumah atau lebih dikenal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), maka guru harus bisa merencanakan pembelajaran yang sesuai dan membangun komunikasi dengan orang tua.

Red-HJ99/ Eri

Tinggalkan Komentar

loading...