Dua Perangkat Desa di Kebumen Resmi Dilantik

0
47
Suasana pelantikan

Kebumen, Harianjateng.com – Setelah melalui beberapa tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, ujian tertulis hingga ujian praktik dan keterampilan, dua perangkat baru Desa Jogomertan, Kecamatan Petanahan Kebumen akhirnya dilantik pada Selasa (28/7/2020). Kedua perangkat baru ini bernama Rosid Durohman (27) dari formasi Kaur Kesra dan Muslim (28) dari formasi Kadus. Mereka berhasil lolos sampai ke tahap akhir setelah berkompetisi dengan 22 peserta lainnya pada Sabtu 18 Juli 2020 lalu.

Dalam acara pelantikan yang diselenggarakan di tengah new normal ini, dihadiri oleh beberapa lembaga pemerintahan seperti Forkopimcam Petanahan dan Pemerintahan Desa Jogomertan, dengan tetap menjunjung protokol kesehatan. Sebelum masuk ruangan, terlebih dahulu dari panitia melakukan cek suhu dan pembagian masker bagi tamu undangan yang tidak membawanya.

Mutamimah Retno Utami, selaku Kepala Desa dalam sambuatannya menyampaikan selamat kepada kedua perangkat desa yang baru dilantik. Ia berharap setelah bekerja di desa, mereka mampu membawa perubahan dan perbaikan di desa. “Kalian telah disumpah, itu berarti kalian telah memegang teguh janji untuk bekerja bersama kami dalam membangun Pemerintahan Desa Jogomertan agar lebih baik lagi ke depan,” ungkapnya.

Selanjutnya dari unsur BPD, Sunarto, juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada kedua perangkat tersebut, sembari memberikan beberapa wejangan yang membangun. “Selamat bergabung dengan Pemerintahan Desa Jogomertan. Kami berharap kalian nanti bisa membantu program-program daerah, baik di pemerintahan pusat dan utamanya di tingkat desa, supaya lebih maju di banding tahun-tahun berikutnya,” katanya.

“Silahkan dipegang betul sumpah janji yang telah diucapkan, supaya kerja kita tidak menyimpang, sesuai dasar negara UUD 45, Pancasila. Mudah-mudahan yang baru dilantik ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga dipandang dapat kerja adil dan tidak menyimpang,” tegasnya.

Sementara itu, Sri Kuntarti selaku Camat Petanahan, mengapresiasi kinerja Tim Pengangkatan Perangkat Desa yang telah sukses mengantarkan proses seleksi mulai dari pendaftaran hingga pelantikan. “Kalian telah menjadi yang terpilih, maka kami berharap kalian bisa bekerja secara maksimal. Pelajari tupoksi pemerintahan desa, baca juga Peraturan Bupati Nomor 40 tahun 2016 di sana ada semuanya,” katanya.

“Kaur Kesra dan Kadus ini nantinya harus selalu berkoordinasi dengan kepala desa, karena tugasnya pun membantu kepala desa dalam menyejahterakan rakyat melalui tupoksinya masing-masing. Kadus, misalnya, ini nanti tugasnya membantu kepala desa terkait tugas kewilayahan. Fungsinya untuk membina keamanan dan ketertiban warga dusun setempat,” terang Camat Petanahan ini.

Dalam kesempatan pelantikan ini, Kapolsek Petanahan, Marheny, juga turut hadir sekaligus memperkenalkan dirinya sebagai Kapolsek baru di Kecamatan Petanahan kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Ia juga meminta kerjasamanya pada pemdes dalam membina masyarakat.

“Sebagai aparat penegak hukum, kami tidak bisa bekerja sendiri. Tetapi perlu kerjasama dengan Pemerintahan Desa Jogomertan untuk bersama menjaga keamanan, khususnya di dusun masing-masing, agar masyarakat tetap aman dan tertib,” katanya.

“Kalau ada informasi sekecil apa pun tentang kriminalitas di Petanahan ini, tolong informasikan kepada kami,” kata Kapolsek Baru Petanahan ini. (HJ33/ Abdul Aziz).

Tinggalkan Komentar

loading...