MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online IAIN Kudus

0
16

Temanggung, Harianjateng.com- MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung  menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus pada masa pandemi virus Covid-19 ini, Kamis (30/07/2020).

Diadakannya Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini bertujuan untuk menambah khasanah pendidikan lintas budaya antar Negara bagi para mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh 110 peserta mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris, dan 111 mahasiswa Prodi Tadris IPS.

MTs Al-Mu’min dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min bersama volunter dari Organization of Euroweek Polandia dan Organization of ICJD Jerman menjadi pemateri dari kegiatan ini. MTs Al-Mu’min menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk oleh IAIN Kudus untuk mewakili Indonesia.

Rukhaini Fitri Rahmawati, M.Pd.I., selaku Kaprodi Tadris IPS IAIN Kudus menyatakan bahwa beberapa opsi muncul, akan tetapi beberapa sekolah menolak dan tidak siap, sehingga jatuhlah pilihan kepada MTs Al-Mu’min yang menurutnya memiliki perkembangan yang cukup pesat dalam dunia pendidikan.

“Salah satu indikator bahwa sekolah tersebut dinamis adalah dengan banyaknya jumlah ekstrakurikuler yang dimiliki. Semakin banyak jumlah ekstrakurikuler yang dimiliki menandakan bahwa semakin banyak potensi guru yang termanfaatkan. Sehingga membuka peluang besar bagi para siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka. Selain itu, tidak dipungkiri para mahasiswa IAIN ini nantinya akan terjun ke dunia pendidikan khususnya madrasah, maka paparan langsung dari pelaku pendidikan di madrasah dianggap penting bagi mereka untuk menambah wawasan para mahasiswa,” tambah  Rukhaini.

Pada kegiatan ini hadir secara virtual Samsul, M.Pd., selaku kepala MTs Al-Mu’min. Ia menyampaikan selayang pandang tentang MTs Al-Mu’min. Pemanfaatan secara maksimal potensi pendidik untuk meningkatkan mutu dan mewadahi siswa menjadi fokusan beliau.

Menurutnya Samsul, saat ini MTs Al-Mu’min memiliki 15 rombel kelas dengan kelas Regular dan kelas Tahfidz. Dengan predikat akreditasi A dan berbagai kegiatan ekskul serta prestasi nasional dan lokal, Ia menyatakan siap membuka kelas baru yaitu kelas Riset.

Selanjutnya paparan materi pada kegiatan KKL Online ini diwakili oleh Riza Fitroh Kurniasih, S.Pd., selaku Wakil Kepala Humas dengan materi Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan di MTs Al-Mu’min (Pembelajaran-Ekstrakurikuler). Materi kedua disampaikan oleh Muhammad Thoriqul Ula, S.Pd.I., selaku Wakil Ketua Kurikulum dengan materi Sistem Pembelajaran Online di MTs Al-Mu’min.

Diakhir diskusi banyak pertanyaan yang muncul, namun karena keterbatasan waktu maka diskusi ini diakhiri dengan menjawab beberapa pertanyaan. “Semoga kedepan masih bisa dilanjutkan dengan kerjasama lainnya,” ungkap Rukhaini Fitri Rahmawati.

Red-HJ99-HJ99/ Riza 

Tinggalkan Komentar

loading...