Jurnal Nutri-Sains FPK UIN Walisongo Siap “Bumikan” Kajian Pangan Halal di Kancah Internasional

0
38

Semarang, Harianjateng.com – Nutrisains Jurnal Penelitian Pangan Halal, Prodi Gizi UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Webinar Internasional dengan tema: On OJS-Journal Management in The Field of Nutrition and Halal Food Scientific Study, pada Kamis 26 November 2020.

Dalam opening speech, Dekan FPK UIN Walisongo, Prof. Dr. H. Syamsyul Maarif, M.Ag, menyampaikan bahwa identitas kampus yang utama adalah karena kualitas tulisan para civitas akademiknya. Oleh karena itu sangat tepat jika jurnal Nutri-Sains yang fokus pada kajian pangan halal, melakukan kolaborasi dengan para pakar di bidangnya. Dalam hal ini dengan pakar dari INHART (Information and Outreach International Institute for Halal Research and Training) terkait materi riset halal; serta pakar dari Elsevier terkait manajeman jurnal.

Selanjutnya, sebagai keynote speaker WR 1 UIN Walisongo, Dr. H. Muchsin Djamil, M.Ag juga menambahkan bahwa sudah saatnya jurnal Nutri-Sains mewarni kajian keislaman di kancah Internasional. Kajian pangan halal bukanlah hanya kajian tekstual semata tetapi juga kajian kontekstual yang bisa disentuh dengan ilmu-ilmu modern supya tampil lebih humanis.

Webinar ini menghadirkan dua nara sumber yaitu Asst. Prof. Dr. Betania Kartika, Head of Halal Awareness INHART dari IIIUM (International Islamic University Malaysia); dan Priyanka Chaterjee, Solution Sales Manager for Digital Common Elsevier Singapore.

Nara sumber yang pertama menyampaikan tentang Recent Issues on Scientific Halal Research and Publication: Suggestion for Future Study. Sedangkan narasumber yang kedua menyampaikan tentang: OJS-Journal Management: How to Professionalize Your Journal.

Dengan dipandu moderator Fitria Susilowati, M.Sc, diskusi panel dengan kedua nara sumber tersebut berlangsung dengan sangat interaktif. Melihat antusiasme semua pihak yang terlibat dalam diskusi ini, Editor in Chief jurnal tersebut, Angga Hardiansyah, S.Gz, M.Si, bersama segenap kru jurnal Nutri-Sains sangat optimis untuk memantapkan langkah menuju jurnal bereputasi internasional. (HJ78).

Tinggalkan Komentar