Wakil Ketua Komite I DPD RI Abdul Kholik Dukung Perkembangan KEK Kendal

0
26

Kendal, Harianjateng.com- Wakil Ketua Komite I DPD RI Dapil Jawa Tengah, Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si. melakukan telekonferensi melalui zoom dengan Dinas Perhubungan Kendal dan ATR/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kendal, Selasa (23/02/2021).

 

Disampaikan oleh Abdul Kholik, bahwa kegiatan itu membahas tentang perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan melihat dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal dalam mendorong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

DPD RI Dapil Jawa Tengah itu juga menyampaikan, jika dilihat dari sisi aspek pertanahan apa yang sudah dilakukan oleh teman-teman BPN Kendal sudah cukup sportif, meski sebagian aspek infrastruktur jalan ada kendala dalam pembebasan lahan, yaitu konsinyasinya cukup banyak ada 500 bidang tanah yang tidak bisa diselesaikan di tingkat tim pembebasan, sehingga dititipkan di pengadilan, namun saat ini jumlahnya sudah menurun menjadi kurang dari 100 bidang tanah.

“Saya berharap, tentunya ada jalan keluar untuk saling memberikan manfaat, karena saya yakin jika KEK ini nantinya berkembang, maka secara keseluruhan masyarakat Kendal akan diuntungkan,” tutur Abdul Kholik.

Lanjut Wakil Ketua Komite I DPD RI, sedangkan pada sektor transportasi, apa yang sudah disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kendal Suharjo bahwa masih banyak sekali upaya yang harus disiapkan dan diperlukan untuk menunjang perkembangan KEK, di antaranya yaitu infrastruktur laut dalam hal ini Pelabuhan Niaga Kendal yang masih dalam proses steady untuk pengembangan lebih besar lagi, pengembangan infrastruktur darat yaitu rencana pengembangan untuk fly over untuk menghindari trafik dan perluasan perlintasan sebidang jalur kereta api di dekat KEK, serta penyediaan transportasi di KEK Kendal.

Menurut Abdul Kholik, program-program penting yang disampaikan oleh Kepala Dishub Kendal perlu adanya dukungan dari semua pihak, mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat, karena pasti akan banyak kendala, dan membutuhkan rekomendasi dari Pemerintah Pusat. Tentunya dari DPD RI akan mendukung agar KEK Kendal dapat berjalan sesuai rencana. “Kami dari DPD RI tentunya akan mendukung program penting tersebut, yang mana akan bersurat kepada kementerian terkait, agar usulan-usulan dan pengajuan, baik itu rekomendasi maupun program untuk KEK Kendal bisa menjadi prioritas, sehingga dukungan dari Pemerintah Pusat dapat dialokasikan,” tuturnya.

“KEK ini salah satu ikon di Jawa Tengah, dan menjadi sentrum pertumbuhan ekonomi baru yang diharapkan berdampak baik tidak hanya di Kendal saja, tapi bisa meluas di wilayah Jawa Tengah, jadi kami di DPD RI sebagai representasi dari daerah tentunya juga berharap, KEK Kendal ini dapat berjalan sesuai rencana dan mampu menjawab harapan masyarakat, yaitu menjadi pusat ekonomi yang terus berkembang,” harap Wakil Komite DPD RI Dapil Jateng tersebut.

Red-HJ99/HR

Tinggalkan Komentar